«

»

Aug 16

Print this Post

Waspadai Virus Materialisme

Materialisme adalah satu paham yang menganggap bahwa materi adalah segala-galanya. Meteri itu sendiri bermacam-macam, bisa dalam bentuk uang, jabatan, ilmu pengetuan dan sebagainya yang bersifat keduaniaan. Mencari uang, jabatan, ilmu pengetahuan itu tidak yang salah, yang salah jika tujuan pencarian itu hanya untuk kepuasan dunia saja. Orang bijak sering berkata, mencari uang, jabatan ilmu itu penting tapi yang lebih panting lagi adalah bagaimana kita menggunakan uang, jabatan dan ilmu yang kita punya untuk kebaikan. Jika ebaliknya,  mereka bisa dikatakan telah terjangkit virus meterialisme.

Dampak dari virus meterialisme

1. Menganggap diri itu hebat/sombong

Dampak pertama dari virus meterialisme adalah menganggap diri paling hebat. Orang yang memiliki uang, ilmu dan jabatan hanya untuk urusan dunia akan mmebuat hati mereka menjadi keras. Mereka akan cenderung merasa paling hebat, paling bisa dan paling berkuasa. Padahal kalau kita telaah dengan benar, apa yang mereka lakukan itu hanyalah efek dari sifat tamak dari kesenangan dunia yang selalu mereka kejar. Karena itulah akhirnya pikiran dan hati mereka dikendalikan oleh hawa nafsu dan kesenangan dunia belaka.

2. Mudahnya orang-orang memutar balikkan aturan

Contoh nyata dampak yang kedua ini bisa kita sakisakan dilingkungan sekitar. Di mana hukum bisa diperjual belikan, dimana yang salah bisa dianggap benar dan yang benar dianggap salah. Ini sungguh harus segera kita sadari, bahwa saat ini sebagain dari masyarakat kita, para pejabat dan para tokoh telah terjangkit virus mterialisme. Kalau hal ini terus dibiarkan maka tatanan yang sudah lama terbangun bisa rusak, akibatnya pola hidup semakin tidak terkendali, segala cara dihalalkan tanpa mempertimbangkan kerusakan yang timbul dalam masyarakat dan lingkungan.

3. Menomor duakan urusan akhirat

Hidup itu ibarat hanya sekedar numpang minum, yang artinya hidup di dunia ini sangat singkat sesingkat kita numpang minum dirumah orang. Itu adalah perbandingan antara hidup di dunia dan akhirat. Sayangnya kadang kita lupa akan hal itu, kita sering menganggap hidup di dunia ini adalah segala-galanya, kita bahwa hidup yang kekal abadi hanyalah diakhirat kelas.

Satu catatan yang saya kutip dalam buku Road to The Great Success yang ditulis oleh Fathuddin Ja’far, ada satu hal yang harus harus kita renungkan bersama, hidup itu adalah perjalanan wisata hati yang sangat panjang. Bermula sebelum mereka dilahirkan kedunia, berakhir ketika mereka kembali kepada Tuhan di sebuah negeri abadi bernama akhirat.

4. Menjadikan materi sebagai standar kesuksesan

Ini adalah dampak yang tidak kalah bahayanya dengan yang lain. Coba kita saksikan saja betapa banyak orang yang kerjanya tiap hari mengupulkan materi. Bahkan yang paling aneh juga, masyarakat pun percaya bahwa orang yang sukses itu adalah orang yang materinya banyak. Lebih-lebih sebagian masyarakat akan lebih percaya orang yang punya uang dari pada orang punya ilmu. Tapi kita harus tahu juga, bahwasanya tidak selama materi itu membawa kesuksesan. Banyak kita saksikan orang yang karena harta akhirnya harus mendekam dipenjara, orang yang karena harta tega menyakiti saudara, dan banyak juga orang yang punya harta hidupnya gak bahagia karena dikejer-kejar utang, dan masih banyak lagi contoh-contoh lain yang tidak bisa saya tuliskan satu-satu dalam di sini. Namun intinya materialism telah membutkan mata hati kita pada kesuksesan yang sesunguhnya yaitu kesuksesan hidup setelah hidup di dunia.

Keempat hal diatas adalah dampak dari bahaya materislisme. Untuk mulai detik ini melalui tulisan ini saya mengajak diri saya sendiri dan Anda semua untuk lebih hati-hati dalam hidup, lebh siap perisai diri supaya kita tidak terjangkit virus konsumerisme yang hanya akan membawa kerugian pada diri kita. Semoga sedikit tulisan ini bisa bermanfaat.

 

About the author

Rona Binham

Adalah seorang pendidik, praktisi presentasi, penulis dan blogger pendiri cafe motivasi. Ia mengajar, melatih, menulis dan terus berusaha memberikan motivasi dan inspirasi kepada semua orang. Dengan sebuah motto "Orang hebat adalah orang yang hidupnya penuh inspirasi dan menginspirasi

Permanent link to this article: http://cafemotivasi.com/waspadai-virus-materialisme/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *