21 Comments

  1. Enita

    Salam…
    Saya merasa sangat beruntung sudah berkunjung pada Blog Bapak, karena begitu banyak materi yang penting untuk saya sebagai orang yang sering diminta untuk menjadi MC. Tetapi saya sangat berharap kesediaan Bapak untuk membantu membagikan materi ini melalui email saya sehingga saya bisa menyimpannya. Sebelumnya saya haturkan terima kasih.
    Enita.

  2. Untuk acara hiburan sebenarnya sama saja, hanya bahasa yang kita gunakan bahasa sehari-hari saja, biar tidak kaku, terus biasanya kemampuan menggunakan humor akan sangat membantu. Semoga membantu…

  3. Untuk jadi MC hiburan,kl menurutku ,tinggal lihat audience nya… kalau orang dewasa,mungkin bisa agak di beri gurauan yang ilmiyah.. atau kl anak2,lebih mudah… yang agak susah kl audience usia2 SMP.. menurut mereka acara yg seru itu acara yang lucu.. yang penting anggep audience itu teman bercanda kita.. saaya paling tidak setuju kl ada orang bilang "anggap saja audience itu patung,atau anggep aja mereka tiak ada"… dan satu lagi… belajarlah MC di depan manusia.. bukan di depan patung,atau di depan cermin. atau mungkin lebih irit,di depan kamera.. hehhee trus nanti video di play,dan kita lihat sendiri rekaman kita.. nanti kl aada hal aneh,pasti akan klihatan.. dan itu yang harus kita ubah….

  4. Daisy Kusumaningrum

    Materi yang sangat menarik…mhn share lebih kompleks ttg Mc..sy sangat terbantu dg materi yg Bpk tulis INI.. trmksh

  5. Sutrisno

    Banyak khasanah baru yg sy dptkn setelah membaca artikel bpk. Jk brkenan mohon bpk kirim ke email sy. Smg bpk sll sehat wal”afiat dlm berkarya. Trima kasih pak, salam.

  6. lambang

    Pak jadi mc yang menarik itu apakah harus lucu maksutnya ada bercanda” dikit agar penonton tidak bosan , apakah benar pak?

  7. anidya

    saya Nidy, mahasiswi tingkat akhir yang akan menganalisis bahasa pada skrip MC formal.
    saya mau tanya apa kelebihan dari MC formal dibandingkan dengan semi dan informal dari segi bahasa pada skrip MC nya ya? terimakasih.

  8. Anidya Pratiwi

    saya Nidy, mahasiswi tingkat akhir yang akan menganalisis bahasa pada skrip MC formal.
    saya mau tanya apa kelebihan dari MC formal dibandingkan dengan semi dan informal dari segi bahasa pada skrip MC nya ya? terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *