«

»

Jul 20

Print this Post

Tips Mudah Memahami Bacaan

Memahami isi bacaan sangat tergantung pada jenis bacaan dan jumlah halaman yang dibaca. Jenis bacaan yang kita sukai akan lebih mudah kita serap dibandingkan jenis bacaan yang tidak kita sukai. Selanjutnya jumlah halaman yang sedikit akan lebih mudah kita pahami, dari pada bacaan yang memiliki jumlah halaman yang lebih banyak.

Untuk itulah dalam tulisan ini saya akan menyampaikan bagaimana tips mudah memahami isi bacaan. Khususnya adalah buku.

1. Pahami betul tujuan Anda membaca buku

Sebelum membaca sebaiknya Anda memahami betul tujuan Anda dalam membaca. Karena adakalanya tujuan membaca antara satu orang dan orang lain berbeda. Contoh seorang mahasiswa membaca buku karena dia mendapat tugas dari kampus. Sedangkan yang lain membaca buku untuk mengisi waktu luang. Namun apapun itu, tujuan utama membaca buku adalah memahami isi buku. Memahami di sini bisa keseluruhan atau hanya sebagian saja. Hal yang semacam ini harus Anda tetapkan dari awal supaya Anda lebih fokus pada pokok bahasan yang sudah Anda tetapkan sebelumnya.

2. Lakukan survei terhadap isi buku

Setelah menetapkan tujuan selanjutnya Anda melakukan survei terhadap buku yang akan Anda baca. Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan daftar isi. Kenapa daftar isi? Karena pada umumnya penulis sudah mengklasifikasikan isi buku tersebut dalam daftar isi. Dengan tujuan supaya para pembaca  lebih mudah melihat garis besar isi sebuah buku.

Daftar isi biasanya juga memberikan gambaran seluk beluk buku yang akan Anda baca. Ia menjelaskan bagian-bagian utama bab-babnya, dan sub-subnya. Dengan memanfaatkan daftar isi ini kita akan lebih mudah melakukan survei isi dari sebuah buku.

3. Munculkan pertanyaan-pertanyaan

Setelah melakukan survei terhadap buku, kemudian buatlah pertanyaan-pertanyaan tentang buku tersebut. Contoh saya pernah membaca buku tentang Speed Reading. Setelah melakukan survei saya membuat sebuah pertanyaan seperti ini, Apa manfaat speed reading buat seorang pembaca? Apa saja yang harus diperhatikan dalam speed reading? Kapan waktu yang tepat untuk speed reading? Bagaimana teknik latihan speed reading? Begaimana mengukur kemampuan speed reading? Berapa lama umumnya seseorang menguasai kemampuan speed reading?

Pertanyaan-pertanyaan di atas hanyalah contoh dari beberapa pertanyaan yang pernah saya buat saat membaca buku yang berjudul speed reading. Dengan begitu terbukti saya lebih mudah memahami isi buku tersebut.

4. Bacalah sesuai dengan tujuan yang sudah Anda tetapkan

Setelah Anda menetapkan tujuan, melakukan survey dan membuat pertanyaan, langkah selanjutnya Anda harus membaca sesuai tujuan yang telah Anda tetapkan. Kalau misalnya Anda sudah menetapkan tujuan hanya ingin mempelajari bagian tertentu saja, dan setelah Anda survey bagian itu tidak terhubung dengan bab yang lain, maka Anda bisa memulai membaca pada bab tersebut.

Hal ini akan berbeda jika Anda ingin memahami seluruh isi buku. Jika hal ini yang ingin kita lakukan maka, kita harus membaca buku itu. Usaha ini akan lebih baik jika Anda memiliki kemampuan membaca cepat.  Untuk mendapatkan pemahaman yang baik, buku itu minimal kita ulang sebanyak tiga kali.

5. Catat hal-hal yang tidak Anda pahami

Dalam membaca buku, terkadang kita akan menemukan beberapa hal yang mungkin tidak kita pahami. Dari itulah penting bagi Anda untuk membawa buku catatan dan pensil ketika membaca sebuah buku. Ketika Anda menemukan hal yang tidak Anda pahami, langsung saja Anda tulis hal itu pada buku catatan yang sudah Anda siapkan.

Setelah selesai segeralah mencari jawaban atas apa yang tidak Anda pahami. Caranya mudah, Anda bisa cari rujukan dari buku lain, atau pun menanyakan pada orang yang lebih kompeten.

6. Tulislah Review Anda

Setelah selesai membaca segeralah tulis review Anda. Sebaiknya Jangan menunggu sampai buku habis Anda baca. Tapi selepas Anda membaca, langsung segera lakukan review. Misalnya dalam  satu hari Anda telah membaca 2 sampai 3 bab. Maka setelah selesai membaca 2 sampai 3 bab tersebut Anda hari segera melakukan review. Review ini dilakukan karena keterbatasan kita dalam mengingat isi bacaan. Mungkin dalam 1-2 hari setelah membaca kita masih ingat, tapi lebih dari iitu Anda bisa lupa atas apa yang Anda baca. Dari itulah review adalah bagian penting yang tidak boleh Anda tinggalkan.

Keenam hal di atas pernah saya coba dan hasilnya saya jauh lebih mudah memahami buku. Saya berharap tulisan ini bisa memberikan manfaat kepada Anda. Selamat mencoba!

 

 

About the author

Rona Binham

Adalah seorang pendidik, praktisi presentasi, penulis dan blogger pendiri cafe motivasi. Ia mengajar, melatih, menulis dan terus berusaha memberikan motivasi dan inspirasi kepada semua orang. Dengan sebuah motto "Orang hebat adalah orang yang hidupnya penuh inspirasi dan menginspirasi

Permanent link to this article: http://cafemotivasi.com/tips-mudah-memahami-bacaan/

1 comment

4 pings

  1. Ardi Will Be Artis

    bgugggg

  2. Ardanareswari Miranda Ningrum

    terima kasih^^

  3. Arhdi Mho

    wah, tanks

  4. Artex Suebu

    THKS YAH..

  5. ricko

    setelah saya membaca artikel ini, saya suda tidak sabar menerapkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *