«

»

Dec 07

Print this Post

Membuat Slide Presentasi Powerpoint yang Baik dan Menarik

Bagaimana merancang slide powerpoint

 

Slide presentasi powerpoint adalah salah satu media yang sangat efektif dalam setiap sesi presentasi di era modern. Namun yang jadi pertanyaan sudahkah setiap presenter menggunakan slide presentasi yang menarik?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan Anda kilas balik pengalaman Anda saat menjadi audiens, entah itu pada saat presentasi materi kuliah, seminar atau presentasi bisnis. Coba Anda tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah Anda masih sering melihat slide yang penuh dengan tulisan, kontras warna yang tidak sesuai, gambar yang tidak sesuai, atau penggunaan animasi yang tidak tepat. Bagaimana penilaian yang bisa Anda berikan terhadap slide tersebut? Menarik atau malah sebaliknya.

Slide presentasi powerpoint bukanlah pengganti white board atau yang lain, tapi slide itu sendiri saya percaya memiliki kekuatan yang lebih dibandingkan dengan white board. Saya yakin dengan slide presentasi powerpoint yang menarik audiens akan lebih tertarik dengan presentasi yang Anda sampaikan.

Manfaat lain dari penggunaan slide adalah mampu dilihat dengan baik oleh audiens, membuat presentasi Anda terlihat profesional, menampilkan informasi dengan bentuk yang jelas dengan tulisan, gambar atau pun diagram, dan dapat dengan mudah melakukan transisi dari satu visual ke visual yang lain hanya dengan sekali tekan.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh ketika Anda menggunakan slide presentasi yang baik dan menarik.

Slide Presentasi Powerpoint Sebagai Alat Bantu Visual

Saya pernah mendengar ungkapan bahwa gambar itu bermakna seribu bahasa. Sama halnya dengan slide presentasi powerpoint. Setiap gambar atau tulisan yang ditampilkan dalam slide harus bisa mewakili sekian banyak makna yang akan sulit dijelaskan lewat kata-kata. Selain itu slide juga membantu memberikan ringkasan dari apa yang disampaikan sehingga lebih mudah dipahami oleh audiens.

Secara lebih rinci penggunaan slide presentasi memiliki empat keuntungan.

Pertama, Anda tidak perlu khawatir tentang apa yang akan Anda katakan selanjutnya. Dalam setiap slide yang Anda tampilkan usahakan mengandung ide pokok yang akan Anda sampaikan. Dengan begitu audiens akan lebih mudah menangkap pesan utama yang Anda sampaikan.

Kedua, Penggunaan slide akan memungkinkan Anda untuk bergerak lebih leluasa di sekitar ruangan. Gerakan akan membantu Anda lebih santai dan tidak kaku saat melakukan presentasi.

Tiga, Anda dapat memiliki kontak mata yang baik dengan audiens. Dengan menggunakan slide Anda akan lebih leluasa melakukan kontak mata dengan audiens. Dan hanya dalam beberapa saat saja Anda akan melihat slide. Tapi itu tidak jadi masalah karena audiens Anda juga akan melihat slide yang Anda tampilkan. Ini akan membantu audiens melihat dan mendengarkan pesan Anda.

Keempat, audiens Anda akan merasa nyaman karena mengetahui alur pembicaraan dengan lebih baik. Slide yang dirancang dengan baik menunjukkan bahwa Anda punya rencana yang telah disiapkan, sehingga dalam menyampaikan materi Anda akan mengikuti rencana yang telah Anda tetapkan.

Bagaimana Menyusun Slide Powerpoint yang Baik dan Menarik

Sebuah slide dikatakan baik apabila memenuhi lima prinsip. Kelima prinsip tersebut antara lain:

1. Memiliki konten yang kuat

Konten adalah pesan yang disampaikan. Slide yang baik harus mewakili pesan yang ingin disampaikan oleh pembicara. Dan untuk membuat konten yang baik Anda harus pandai memilih kata-kata atau kalimat yang tepat untuk slide Anda. Anda harus membaca secara jeli makalah Anda, kemudian Anda pilih mana-mana kalimat yang akan Anda tampilkan di slide.

2. Memiliki struktur yang baik

Slide yang baik harus memiliki struktur yang baik. Hal ini akan memudahkan presenter menyampaikan materi secara runtut. Di samping itu juga akan memudahkan audiens memahami alur dari presentasi yang disampaikan. Perhatikan contoh berikut:

struktur presetasi

Capture 4

 

 

 

 

 

 

 

 

Struktur presentasi 3

 

 

 

 

 

 

 

 

3. 3. Sederhana

Kebanyakan slide pada umumnya memiliki kalimat yang terlampau panjang. Slide yang seperti ini adalah contoh slide yang buruk. Simak contoh berikut:

Slide menarikSlide powerpoint yang menarik

4. Gambar yang menarik dan sesuai

Gambar adalah elemen penting yang mendukung pesan Anda. Dengan gambar yang menarik dan sesuai orang akan mudah tertarik dan mudah memahami pesan yang Anda sampaikan. Jika Anda bertanya kepada para pembicara yang terlatih sekalipun mereka akan mengatakan bahwa gambar yang menarik akan memberi nilai lebih pada slide. Untuk itu pastikan Anda memilih gambar yang baik dan sesuai dengan pesan yang Anda sampaikan. Simak contoh berikut:

Capture 7 Capture 8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Penggunaan warna dan kontras yang tepat.

Selain empat hal di atas ada satu lagi yang tidak boleh Anda lupakan yaitu penggunaan warna. Warna yang baik untuk slide Anda adalah warna yang sejuk di mata, tidak membuat mata orang sakit. Anda harus memperhatikan warna yang Anda gunakan untuk font dan background Anda. Usahakan warna font dan latar belakang slide memiliki kontras yang baik supaya tulisan bisa terlihat dengan jelas.

Capture 9

Capture 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk lebih jelasnya silahkan Anda simak presentasi slide presentasi berikut yang menerapkan semua prinsip disain slide powerpoint yang baik dan menarik.

Bagaimana menurut Anda?

Training-Presentasi-Jakarta Belajar-Desain-Slide-Powerpoint

About the author

Rona Binham

Adalah trainer, penulis dan blogger pendiri cafe motivasi dan ronapresentasi.com yang sering memberikan motivasi dan inspirasi di berbagai kesempatan dengan spesialisasi di bidang motivasi, pengembangan diri, presentasi powerpoint dan public speaking,

Permanent link to this article: http://cafemotivasi.com/slide-presentasi-powerpoint-yang-baik-dan-menarik/

1 comment

  1. Irsan Gunawan

    Menarik artiklen-nya..
    Media Presentasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *