«

»

May 21

Print this Post

Sifat Dan Kebiasaan Yang Harus Di Bangun Oleh Mahasiswa

Mahasiswa adalah calon-calon pemimpin bangsa yang harus mempunyai sifat dan kebiasaan yang baik. Sifat adalah karakter atau watak mahasiswa, sedangkan kebiasaan adalah gaya hidup mereka sebagai mahasiswa. Tugas mahasiswa memang tidak mudah, karena tugas memiliki dua tugas, yaitu mewujudkan visi pribadi dan juga visi fakultas. Terwujudnya visi tersebut salah satunya akan dipengaruhi oleh sifat dan kebiasaan mahasiswa di kampus.

Beberapa sifat yang harus di bangun oleh mahasiswa

1. Jujur

Sebuah kejujuran adalah hal yang sudah cukup langka di negeri kita ini. Sekarang mungkin kita sulit sekali mencari orang-orang yang jujur, karena orang jujur jumlahnya lebih sedikit dari pada yang tidak jujur. Ketidakjujuran adalah penyakit yang harus dihilangkan, karena penyakit ini adalah virus yang akan mematikan karakter genarasi karakter bangsa. Ternyata virus ini tidak hanya terjadi di masyarakat atau di dunia politik saja, tapi di dunia pendidikan juga sudah ketularan virus tidak jujur, termasuk di kampus. Kebiasaan tidak jujur ini di mulai dari yang kecil, seperti: menyalin pekerjaan teman, menyontek saat ujian, atau manipulasi saat presentasi (menyebarkan pertanyaan ke teman-teman sebelum presentasi di mulai) dan lain-lain. Pelajaran berharga juga pernah saya dapatkan ketika saya masih menjadi mahasiswa dari salah seorang dosen senior, beliau mengatakan kepada saya kurang lebih begini: tidak jujur adalah penyakit yang berbahaya, kalau hari ini anda berlaku tidak jujur dan hal itu di biarkan, maka penyakit itu akan menggerogoti anda di masa depan, jadi apapun anda kelak, anda akan jadi sesuatu yang merugikan.

2. Bertanggung jawab

Mahasiswa adalah calon-calon pemimpin bangsa, kalau mahasiswa tidak memiliki tanggung jawab dari sekarang maka bagaimana mungkin mereka bisa memimpin bangsa ini dengan baik. Tanggung jawab mahasiswa di kampus sangat banyak di antaranya: tanggung jawab akademis (hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan akademis), tanggung jawab sosial: tanggung jawab membawa citra diri dan membangun hubungan yang efektif dari dalam dan dari luar kampus. Tanggung jawab keilmuan: mahasiswa harus senantiasa mengembangkan ilmu yang di peroleh dari kampus serta melakukan penelitian guna pengembangan keilmuan. Tanggung jawab pribadi: tanggung jawab ini berhubungan dengan tanggung jawab mahasiswa sebagai seorang anak, yang harus mewujudkan apa yang menjadi impian orang tua.

Beberapa Kebiasaan yang harus di bangun oleh mahasiswa

1. Membaca buku

Buku adalah jendela dunia, dengan buku seseorang akan bisa mengetahui apa yang ada di luar sana. Kebiasaan membaca buku  harus mulai di bangun oleh mahasiswa sedini mungkin supaya kebiasaan-kebiasaan positif lainnya bisa terbangun. Saya sering sekali melihat dari beberapa mahasiswa  yang gemar baca buku. Ini tentu tidak bisa dibiarkan, supaya generasi ini menjadi generasi yang cerdas dan memiliki pengetahuan yang luas, dan itu hanya akan tercapai jika mahasiswa memiliki kebiasaan membaca buku.

2. Diskusi

Sudah tidak rahasia lagi diskusi adalah kegiatan yang paling menarik untuk mencapai sebuah jawaban dari permasalahan yang terjadi. Di kampus diskusi juga merupakan salah satu metode pembelajaran yang sering di lakukan. kenapa diskusi ini penting? Supaya mahasiswa terbiasa berpikir kritis untuk mencari solusi masalah, jadi tidak hanya setuju terus berbicara di belakang. Kegiatan diskusi ini akan menjadi kegiatan menarik jika setiap mahasiswa mau dan mampu mengemukakan pendapat dengan baik dan benar. Supaya yang menjadi tujuan diskusi bisa terselesaikan. Jadi bangunlah kebiasaan diskusi di mana pun mahasiswa berada, jika menemukan sebuah permasalahan yang harus di selesaikan.

3. Menulis

Tak bisa di pungkiri lagi bahwa kegiatan menulis mutlak harus menjadi kebiasaan para mahasiswa. Tapi kenyataan yang ada mahasiswa masih banyak yang tidak suka menulis, alasan mereka karena tidak punya bakat dan lain-lain. Sebenarnya itu hanyalah alasan saja, karena kalau mereka mau membiasakan diri menulis, mereka juga akan mampu menulis dengan baik. Kegiatan menulis ini penting selain untuk pengembangan diri, kebisaan menulis juga akan membantu mahasiswa dalam penyusunan tugas akhir (skripsi). Kebiasaan menulis ini bisa di lakukan dengan menulis di buku diare, atau melalui blog. Menulis juga sangat bermanfaat untuk melatih daya pikir dan kreativitas mahasiswa. Kalau anda tidak percaya silahkan buktikan sendiri.

 

 

 

 

 

Training-Presentasi-Jakarta Belajar-Desain-Slide-Powerpoint

About the author

Rona Binham

Adalah trainer, penulis dan blogger pendiri cafe motivasi dan ronapresentasi.com yang sering memberikan motivasi dan inspirasi di berbagai kesempatan dengan spesialisasi di bidang motivasi, pengembangan diri, presentasi powerpoint dan public speaking,

Permanent link to this article: http://cafemotivasi.com/sifat-dan-kebiasaan-yang-harus-di-bangun-oleh-mahasiswa/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *