«

»

Jul 22

Print this Post

Puasa Media Pelatihan Pengendalian Diri

Orang yang hebat bukanlah orang yang mengumbar nafsu, tapi orang berusaha keras mengendalikan dirinya dari pengaruh nafsu. Apakah itu mudah? Sangat sulit,,. Setidaknya inilah yang saya rasakan. Bisa melepaskan dari cengkraman nafsu membutuhkan komitmen, kesungguhan dan istiqomah yang tinggi. Karena tanpa itu semua, apa yang kita upayakan hanya akan sia-sia belaka.

Sebenarnya ada satu pelatihan khusus yang bisa meningkatkan pengendalian diri menjadi lebih baik. Palatihan ini gratis, tidak di pungut biaya, namun hasilnya sangat luar biasa. Hal ini juga dilakukan oleh kaum-kaum terdahulu, kaum yang cerdas, kaum yang percaya akan kebesaran Sang Pencipta. Mau tahu pelatihan apakah itu?

Pelatihan itu dinamakan puasa Ramadhan. Ya…puasa Ramadhan selain sebagai bentuk ibadah yang sangat mulia, puasa juga merupakan terapi pelatihan bagi kita kaum muslimin untuk berlatih mengendalikan diri. Secara fisik kita berlatih mengendalikan diri dari rasa lapar dan dahaga, sedangkan secara psikologis, kita berlatih untuk mengendalikan hawa nafsu yang bersifat merusak seperti nafsu amarah, nafsu birahi, dan nafsu-nafsu yang lain. Bukan itu saja, kita juga berlatih bagaimana mengendalikan perilaku, sikap dan perkataan kita sehari-hari.

Menurut Muhammad Ali As Subani yang saya kutip dari buku Abdul Manan Bin Hajji Muhammad Sobari yang berjudul Kesempurnaan Ibadah (2005) menjelaskan sekurang-kurangnya ada empat hikmah yang terkadang dalam puasa.

Pertama, merupakan sarana pendidikan bagi manusia agar tetap bertaqwa kepada Allah SWT, membiasakan diri untuk patuh terhadap perintah-Nya, dan menghambakan diri kepada-Nya. Kedua, merupakan pendidikan bagi jiwa dan membiasakannya untuk tetap sabar dan tahan terhadap segala penderitaan dalam menempuh dan melaksanakan perintah Allah. Ketiga, merupakan sarana untuk menumbuhkan kasih sayang dan rasa persaudaraan terhadap orang lain, sehingga terdorong untuk membantu dan menyantuni orang-orang yang kurang mampu. Keempat, dapat menanamkan dalam diri manusia rasa tagwa kepada Allah SWT dengan senantiasa melaksanakan perintah-Nya, bak dalam keadaan terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi, dan meninggalkan segala larangan-Nya.

Inti dari semua hal di atas hanya satu yaitu menjadikan kita menjadi manusia yang bertagwa. Seperti Firman Allah SWT

“Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu sekalian puasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu sekalian bertaqwa “ ( QS Al-Baqarah : 183 )

Dari itulah beruntung sekali bagi kita semua, yang bisa menjalankan ibadah di bulan puasa dengan sungguh-sungguh. Semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung tersebut. Insya Allah…

About the author

Rona Binham

Adalah seorang pendidik, praktisi presentasi, penulis dan blogger pendiri cafe motivasi. Ia mengajar, melatih, menulis dan terus berusaha memberikan motivasi dan inspirasi kepada semua orang. Dengan sebuah motto "Orang hebat adalah orang yang hidupnya penuh inspirasi dan menginspirasi

Permanent link to this article: http://cafemotivasi.com/puasa-media-pelatihan-pengendalian-diri/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *