«

»

May 29

Print this Post

Program Pengembangan Profesionalisme Guru

Untuk mengembangkan profesi guru, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional (dalam Mulyana A.Z) menyebutkan beberapa alternatif program pengembangan profesionalisme guru. Program tersebut adalah sebagai berikut:

Kualifikasi pendidikan guru

Kualifikasi guru harus di penuhi untuk meningkatkan kualitas guru dan menjawab tantangan zaman. Sesuai peraturan menteri pendidikan pasal 1, guru wajib memenuhi kualifikasi akademik dan kompetensi guru yang berlaku secara nasional. Dari segi pendidikan, kualifikasi minimal pendidikan guru adalah S1 atau D4 dari program keguruan.

Program Penyetaraan

Program penyetaraan merupakan program peningkatan kualitas guru yang mengajar di kelas. Melalui program ini, guru dimungkinkan berasal dari program non keguruan, tapi haruskan mengikuti program penyetaraan. Program ini muncul karena pada kenyatannya, di lapangan banyak di temukan guru yang bukan berasal dari fakultas keguruan. Mereka bisa mengajar di sekolah karena sekolah tersebut kekurangan guru mata pelajaran yang sesuai.

Program Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi

Salah satu cara meningkatkan kompetensi guru adalah mengadakan Pelatihan Terintegrasi Berbasis kompetensi (PTBK), yaitu pelatihan yang memiliki target kompetensi yang akan di capai dan di perlukan peserta didik. Materi pelatihan merupakan gabungan bidang-bidang ilmu sumber bahan pelatihan, yang secara utuh diperlukan untuk mencapai kompetensi.

Program Supervisi Pendidikan

Salah satu cara efektif untuk mengontrol kualitas mengajar guru dan meningkatkan kualitas administrasi guru, adalah melalui program supervisi pendidikan. Supervisi dapat di lakukan oleh supervisor dari unsur pengawas pendidikan atau kepala sekolah. Kehadiran supervisor ke dalam kelas bertujuan meningkatkan kualitas guru, bukan mencari kesalahan atau kekurangan guru. Melalui program supervisi pendidikan, kualitas guru di harapkan dapat berkembang baik, sehingga kualitas sekolah tentu akan berkembang pula.

Program Pemberdayaan KKG dan MGMP

Di sekolah dasar, ada kelompok kerja guru (KKG), yaitu suatu wadah kinerja guru untuk peningkatan kualitas. Di SMP dan SMA, ada wdah peningkatan kualitas guru, yaitu MGMP (musyawarah guru mata pelajaran). MGMP adalah suatu forum atau wadah kegiatan professional guru mata pelajaran sejenis. KKG dan MGMP merupakan wadah yang sangat efektif untuk peningkatan kualitas guru, mulai dari penguasaan model pembelajaran, strategi pembelajaran sampai pendalaman materi yang diampunya.

Studi Banding

Studi banding bertujuan untuk membandingkan sebuah sekolah dengan sekolah lain yang lebih baik. Di sekolah banding, guru bisa melihat dan berdiskusi tentang manajemen sekolah, strategi pembinaan peserta didik, desain ruangan, penataan kurikulum, dan lain-lainnya. Bagi guru, studi banding bermanfaat untuk melepas penat serta bisa menambah ilmu secara langsung. Dengan mengunjungi sekolah yang lebih baik, guru di harapkan lebih termotivasi untuk melakukan pembenahan di sekolahnya.

Mengikuti berita aktual dari media

Pengembangan professional guru dapat di lakukan kapan saja dan di mana saja. Selain mengikuti seminar atau lokakarya, guru juga dapat mengembangkan profesinya dengan cara membaca buku atau mengikuti berita aktual khusus tentang dunia pendidikan. Berita aktual dapat di baca di koran, majalah, atau jurnal. Selain melalui media cetak, guru juga dapat menggali berita dari media elektronik, seperti TV, radio, atau jaringan internet.

Sumber:

Mulyana. A.Z. (2010). Rahasia Menjadi Guru Yang Hebat. Jakarta: Gramedia

 

About the author

Rona Binham

Adalah trainer, penulis dan blogger pendiri cafe motivasi dan ronapresentasi.com yang sering memberikan motivasi dan inspirasi di berbagai kesempatan dengan spesialisasi di bidang motivasi, pengembangan diri, presentasi powerpoint dan public speaking,

Permanent link to this article: http://cafemotivasi.com/program-pengembangan-profesionalisme-guru/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *