Pengertian Potensi Diri

9 comments 318 views

Udo Yamin Efendi Majdi (2007: 86) menjelaskan, kata potensi itu adalah serapan dari bahasa Inggris: potencial. Artinya ada dua kata, yaitu, (1) kesanggupan; tenaga (2) dan kekuatan; kemungkinan.Sedangkan menurut kamus besar bahasa Indonesia, definisi potensi adalah kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan, kekuatan, kesanggupan, daya.Intinya, secara sederhana, potensi adalah sesuatu yang bisa kita kembangkan.Sedangkan diri masih manurut Udo Yasmin Efendi Majdi (2007: 92) adalah akumulatif dari pikiran kita. Jadi Potensi diri adalah kemampuan yang kita miliki yang bisa dikembangkan.

Menurut Slamet Wiyono(2006:37) potensi dapat diartikan sebagai kemampuan dasar dari sesuatu yang masih terpendam didalamnya yang menunggu untuk diwujudkan menjadi sesuatu kekuatan nyata dalam diri sesuatu tersebut. Dengan demikian potensi diri manusia adalah kemampuan dasar yang dimiliki manusia yang masih terpendam didalam dirinya yang menunggu untuk diwujudkan  menjadi suatu manfaat nyata dalam kehidupan diri manusia. Apabila pengertian potensi manusia dikaitkan dengan pencipta manusia, Alloh SWT, maka potensi diri manusia dapat diberi pengertian sebagaikemampuan dasar manusia yang telah diberikan Alloh SWT sejak dalam kandungan ibunya sampai pada saat tertentu (akhir khayat), yang masih terpendam didalam dirinya, menunggu diwujudkan menjadi sesuatu manfaat nyata dalam kehidupan diri manusia didunia ini dan diakhirat nanti.

Menurut Endra K (2004: 6) potensi bisa disebut sebagai kekuatan, energi, atau kemampuan yang terpendam yang dimiliki dan belum dimanfaatkan secara optimal. Potensi diri yang dimaksud disini suatu kekuatan yang masih terpendam yang berupa fisik, karakter, minat, bakat, kecerdasan dan nilai-nilai yang terkandung dalam diri tetapi belum dimanfaatkan dan diolah.

Sedangkan Sri Habsari (2005: 2) menjelaskan, potensi diri adalah kemampuan dan kekuatan yang dimiliki oleh seseorang baik fisik maupun mental dan mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan bila dilatih dan ditunjang dengan sarana yang baik. Sedangkan diri adalah seperangkat proses atau ciri-ciri proses fisik, perilaku dan psikologis yang dimiliki.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa “potensi diri adalah kemampuan dasar yang dimiliki oleh seseorang yang masih terpendam dan mempunyai kemungkinan  untuk dikembangkan  jika didukung dengan latihan dan sarana yang memadai

Daftar Pustaka

Habsari, Sri. (2005). Bimbingan & Konseling SMA kelas XI. Jakarta: Grasindo

Majdi, Udo Yamin Efendi. (2007). Quranic Quotient. Jakarta: Qultum Media.

Prihadhi, Endra K. (2004). My Potensi. Jakarta: Elek Media Komputindo.

Wiyono, Slamet. (2006). Managemen Potensi Diri. Jakarta: PT Grasindo.

 

author
Author: 
Adalah trainer, penulis dan blogger pendiri cafe motivasi dan ronapresentasi.com yang sering memberikan motivasi dan inspirasi di berbagai kesempatan dengan spesialisasi di bidang motivasi, pengembangan diri, presentasi powerpoint dan public speaking,
  1. author

    Usep Tiroyis3 years ago

    sangat membantu dan terimakasih.
    atas ilmunya…

    Reply
  2. author

    Rona El-sinta3 years ago

    Sama-sama mas Usep Tiroyis

    Reply
  3. author

    Agung Darma Gunawan3 years ago

    that's good

    Reply
  4. author

    Rike Puspita Putri3 years ago

    ilmunya sangat bermanfaat banget.
    thank's ya atas informasinya :)

    Reply
  5. author

    Nur Fitri Ana3 years ago

    it's good :)

    Reply
  6. author

    Rudipurba Pargodung3 years ago

    bagus bangat info nya semoga bermamfaat bagi semua.

    Reply
  7. author

    Yonaa Cynkcmuaea2 years ago

    tank's ea atas ilmunya ……:)

    Reply
  8. author

    Rismayanti Penjer2 years ago

    syukron katsir atas ilmunya..semoga semakin diberkahi Allah

    Reply
  9. author

    Mohd Khairy Abdullah1 year ago

    Tahniah. Kita kongsikan ilmunya.

    Reply

Leave a reply "Pengertian Potensi Diri"