«

»

Apr 21

Print this Post

Pengembangan Potensi Diri

Pengembangan potensi diri adalah suatu upaya yang di lakukan untuk mengoptimalkan serangkaian potensi diri yang di miliki guna pencapaian pengembangan diri yang optimal. Setiap orang di lahirkan membawa serangkaian potensi diri yang sangat mungkin untuk di kembangkan. Artinya setiap orang punya kesempatan sukses yang sama.

Menurut Marina Sulastiana dalam makalah yang disajikan di Diklat Kepemimpinan Tingkat III Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral Angkatan V mengungkapkan, sebelum seorang melakukan pengembangan diri dalam rangka menggunakan dan mengoptimalisasi seluruh kemampuannya untuk mencapai kinerja yang unggul, ada beberapa cara untuk mengetahui, menilai atau mengukur dengan akurat berbagi kelebihan dan kelemahannya (www.pdfssearch.com/23-04-2011). Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut:

1)      Introspeksi diri (pengukuran individual)

Dalam cara ini, individu meluangkan waktu untuk mengevaluasi apa yang telah dilakukannya, apa yang telah ia capai dan apa yang ia miliki sebagai suatu kelebihan yang dapat mendukung dan apa yang ia miliki sebagai suatu kekurangan yang menghambat tercapainya prestasi tinggi. Cara ini efektif bila individu bersikap jujur, terbuka pada dirinya sendiri, mau dengan sungguh-sungguh memperhatikan kata hati.

2)      Feedback dari orang lain

Dalam cara ini seseorang meminta masukan berupa informasi atau data penilaian tentang dirinya dari orang lain. Masukan berupa umpan balik (feedback) ini meliputi segala sesuatu tentang sikap dan perilaku seseorang yang tampak, dipersepsi oleh orang lain yang bertemu, berinteraksi dengannya. Cara ini bertujuan untuk membantu seseorang menelaah dan memperbaiki.

3)      Tes Psikologi

Tes Psikologi yang mengukur potensi psikologis individu dapat memberi gambaran kekuatan dan kelemahan individu pada berbagai aspek psikologis seperti kecerdasan/ kemampuan intelektual (kemampuan analisa, logika berpikir, berpikir kreatif, berpikir numerikal), potensi kerja (vitalitas, sumber energy kerja, motivasi, ketahanan terhadap stress kerja), kemampuan sosiabilitas (stabilitas emosi, kepekaan perasaan, kemampuan membina relasi sosial) dan potensi kepemimpinan tingkah laku.

Pengembangan potensi sebagai upaya untuk memaksimalkan seluruh potensi yang positif dan meminimalkan seluruh kelemahan yang ada pada diri manusia akan berdampak pada kualitas hidup seseorang. Pada akhirnya seseoorang mampu bersikap sesuai dengan kodratnya sebagai makhluk pribadi, social, dan makhluk Tuhan Yang Maha Esa yang paling sempurna diantara makhluk yang lain.

About the author

Rona Binham

Adalah seorang pendidik, praktisi presentasi, penulis dan blogger pendiri cafe motivasi. Ia mengajar, melatih, menulis dan terus berusaha memberikan motivasi dan inspirasi kepada semua orang. Dengan sebuah motto "Orang hebat adalah orang yang hidupnya penuh inspirasi dan menginspirasi

Permanent link to this article: http://cafemotivasi.com/pengembangan-potensi-diri/

1 ping

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *