«

»

May 15

Print this Post

Motivasi Kerja Guru

Motivasi kerja guru bisa di artikan sebagai dorongan mental yang di miliki oleh seorang guru dalam melakukan pekerjaan sebagai seorang guru. Apakah setiap guru memiliki motivasi kerja yang baik? Tentu jawabannya tidak, karena memang kenyataannya ada juga guru yang tidak memiliki semangat dalam mengajar. Buktinya banyak sekali anak-anak didik kita di sekolah, yang mengeluh karena gurunya tidak menunjukkan keseriusan dalam mendidik mereka.

Saya terkadang sedih jika melihat teman-teman guru mengajar tanda sebuah dedikasi yang tinggi atas pilihan hidup yang telah mereka pilih. Saya sangat menyayangkan bila ada guru yang mengajar hanya sebagai sebuah rutinitas tanpa tahu tujuan dan visi mereka dalam mengajar. Kita tidak usah menutup mata lagi, bahwa ternyata masih banyak guru-guru yang belum sepenuhnya memahami makna dan tugas mereka dalam mengajar.

Bahkan pernyataan yang jelas  telah diungkapkan oleh Syawal Gultom, Ketua Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan bahwa ”Memang ada banyak hal yang masih harus dibenahi dalam persoalan guru”. Selain jenjang pendidikan yang belum memadai, kompetensi guru juga masih bermasalah. Saat dilakukan tes terhadap guru semua bidang studi, rata-rata tak sampai 50 persen soal yang bisa dikerjakan. Tidak ada guru yang meraih nilai 80. Bahkan, ada guru yang meraih nilai terendah, 1. Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia Sulistiyo mengatakan, pemerintah saat ini memang tidak pernah secara periodik melakukan pendidikan dan pelatihan untuk guru-guru. Padahal, semestinya pelatihan dilakukan secara periodik untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru (http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/07).

Pernyataan tersebut juga diperkuat juga oleh Dekan Sampoerna School of Education Prof. Dr. Paulina yang menjelaskan bahwa menurut data UNESCO 2011, Indonesia memiliki lebih dari 3,4 juta orang guru. Namun, berdasarkan Kemendiknas hanya 16,9 persen atau 575 ribu orang guru yang memiliki sertifikasi. Kekurangan baik dalam jumlah maupun mutu tenaga pendidik mempertaruhkan masa depan generasi muda Indonesia. Oleh karena itu, selayaknya tanggung jawab membangun generasi muda, meningkatkan jumlah, dan mutu tenaga pendidik profesional merupakan tanggung jawab kita bersama. “Selain harus meningkatkan kualitasnya, para guru dan tenaga pendidik seiring dengan perubahan global, juga dituntut mendobrak persepsi belajar mengajar satu arah menuju ke sistem belajar dua arah. Bahwa guru itu tidak hanya sebagai guru gitu loh, tapi guru itu sebagai leader,” tuturnya (http://berita.liputan6.com).

Membaca pernyataan para tokoh-tokoh pendidikan tersebut kita harus mulia berpikir bagaimana caranya kita berkontribusi untuk mencetak generasi muda cemerlang dimasa yang akan datang. Dan hal ini harus di mulai dari kita sendiri sekarang, yaitu dengan meningkatkan motivasi kerja guru. Motivasi kerja seorang guru minimal ada dua hal. Motivasi pertama adalah untuk meningkatkan profesionalisme diri kita sendiri, dan motivasi kedua adalah bagaimana kita memberikan yang terbaik buat calon-calon pemimpin bangsa.

 

 

 

About the author

Rona Binham

Adalah seorang pendidik, praktisi presentasi, penulis dan blogger pendiri cafe motivasi. Ia mengajar, melatih, menulis dan terus berusaha memberikan motivasi dan inspirasi kepada semua orang. Dengan sebuah motto "Orang hebat adalah orang yang hidupnya penuh inspirasi dan menginspirasi

Permanent link to this article: http://cafemotivasi.com/motivasi-kerja-guru/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *