Menjadi Pribadi Yang Berkualitas

8 comments 158 views

Menjadi pribadi yang berkualitas merupakan tuntutan yang harus dipenuhi oleh seseorang jika ingin mencapai kebahagiaan hidup yang sesungguhnya. Tuntutan ini bukanlah merupakan tuntutan zaman atau keadaan, tapi lebih kepada tuntutan hati nurani yang memang selalu mengajarkan kepada manusia untuk mencapai kualitas diri yang lebih baik. Menjadi pribadi yang berkualitas tentu bukanlah hal mudah, dari itulah itu diperlukan sebuah komitmen dan upaya yang tepat untuk mencapai itu semua.

Sebelum membahas tentang upaya yang tepat menjadi pribadi yang berkualitas sebelumnya perlu kita pahamai bahwa manusia itu diciptakan Tuhan dengan berbagai macam potensi diri yang luar biasa. Potensi-potensi inilah yang akan menjadi modal bagi manusia untuk menjalani kehidupan di dunia. Siapa orang yang mampu mengenali dan meningkatkan potensi dirinya secara maksimal maka sudah bisa dipastikan dia akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Demikian sebaliknya, jika seseorang tidak mengenali dan tidak bisa meningkatkan potensi dirinya maka bisa dipastikan dia akan jauh dari kualitas hidup yang baik.

Dari keterangan di atas jelas bahwa untuk menjadi pribadi yang berkualitas, maka seseorang harus bisa mengenali dan meningkatkan potensi dirinya secara maksimal. Potensi apa saja yang perlu kita kenali dan kita tingkatkan untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih biak. Di bawah ini akan dijelaskan secara singkat tentang potensi-potensi tersebut.

Raja Bambang Sutikno (2010) dalam bukunya yang berjudul The Power Of  4Q menjelaskan bahwa untuk menjadi pribadi yang cemerlang atau berkualitas maka harus menerapkan 4Q dalam kehidupan sehari-harinya secara seimbang. 4Q itu adalah  Spiritual Quotients, Physical Quotients, Emotional Quotients, Intellectual Quotients. Masing-masing quotients harus sama-sama di asah atau di crahkan secara comprehensive agar manusia menjadi cemerlng seutuhnya demi meraih kesuksesan sejati. 4Q menjadi kuat mantap karena masing-masing Q saling menunjang secara proporsional. Kalau ada salah satu yang diterlantarkan  atau dianggap kurang penting kontribusinya terhadap kesuksesan, yang hadir hanyalah kesuksesan semu dan sesaat untuk keduniaan, bukan kesuseksan sejati for life and after life.

author
Author: 
Adalah trainer, penulis dan blogger pendiri cafe motivasi dan ronapresentasi.com yang sering memberikan motivasi dan inspirasi di berbagai kesempatan dengan spesialisasi di bidang motivasi, pengembangan diri, presentasi powerpoint dan public speaking,
  1. author

    ratu gobal4 years ago

    sangat mantap juga infonya bermanfaat sekai ……………………

    Reply
    • author

      hipni rohman4 years ago

      pendidikan itu mampu mempengaruhi seseorang untuk menjadi orang berkualitas gan

      Reply
  2. author

    rahmat solihin4 years ago

    salah satu pendidikan tinggi yang bagus di dunia juga yang paling terjangkau……………

    Reply
  3. author

    pengobatan tradisional3 years ago

    semoga pendidikan di indonesia bisa berkualitas

    Reply
  4. author

    Agen ace max's3 years ago

    artikel yang sangat bermanfaat sekali sob, …

    Reply
  5. author

    obat herbal berkualitas3 years ago

    sukses selalu buat infonya sangat bermanfaat , …

    Reply
  6. author

    pengobatan alami3 years ago

    mantap buat di pelajari, sangat bermanfaat buat saya , …

    Reply
  7. author

    pengobatan alami mengatasi diabetes3 years ago

    artikel yag sepurnaaa

    Reply

Leave a reply "Menjadi Pribadi Yang Berkualitas"