«

»

Jun 13

Print this Post

Menjadi Kecanduan Menulis

Menjadi kecanduan menulis, inilah hal yang saat ini saya rasakan. Dalam setiap kesempatan saya selalu menyempatkan diri untuk menulis. Artikel ini saya tulis hanya untuk sharing pengalaman bahwa sepemula apapun kita, menulis bisa menjadi kebiasaan dan candu yang luar biasa dalam diri kita.

Sebenarnya menulis bukan hal asing bagi saya, apalagi saya pernah mengenyam bangku kuliah. Di sadari atau tidak ilmu menulis sudah pernah saya pelajari saat menjadi mahasiswa. Namun saat itu antusias untuk menulis belum begitu besar. Sehingga saat menjadi mahasiswa saya jarang menulis di luar tugas yang di berikan oleh Dosen. Pernah coba-coba menulis artikel tapi ya itu, hanya dalam beberapa minggu saja rasa malas muncul lagi. Dan vakumlah saya dalam menulis.

Pengelaman saya dalam menulis di bagi dalam dua tahap. Tahap pertama adalah tahap ingin tahu dan coba-coba, dalam tahap ini saya hanya ingin belajar menulis, belum ada keseriusan dalam menulis, sehingga tidak banyak artikel yang bisa saya tulis. Pada tahap ini saya pernah menulis beberapa artikel dan saya kirim ke media cetak dan lainnya saya publikasi di blog. Tapi umumnya artikel saya adalah artikel pendidikan.

Tahap kedua adalah tahap serius dalam menulis, bukti keseriusan saya dalam menulis yaitu dengan membuat website yang lebih professional yaitu di cafemotivasi.com. Di website inilah semua tulisan saya publikasikan, namun ada juga beberapa yang saya kirim ke media. Semenjak punya cafemotivasi.com, semangat menulis saya seakan meledak-ledak. Yang ada di otak saya hanya satu, saya ingin berbagi pengalaman saya dalam memupuk motivasi diri dan mencapai pengembangan diri. Makin hari animo saya terhadap dunia tulis menulis semakin membesar, dan rasanya sulit untuk di bendung. Dari itu saya memutuskan saya ingin jadi penulis dan semboyan saya adalah

Aku menulis karena aku cinta, aku menulis karena akau ingin belajar, aku menulis karena aku ingin berbagi dan aku menulis untuk kebahagiaanku.

Keinginan serius untuk menulis muncul sekitar tiga bulan yang lalu . Awal-awal menulis semua terasa sulit dan terasa berat. Rasa-rasanya ada saja hal yang menghambat saat mulai menulis. Hambatan terbesar pertama saya adalah sulitnya menuliskan apa yang ada dalam pikiran saya menjadi bentuk tulisan. Saat tidak menulis otak saya banyak sekali ide, tapi lagi-lagi ketika mau menulis ide-ide hilang tak tahu kemana. Keadaan tersebut membuat saya stress, dan suka uring-uringan sendiri.

Lama-kelamaan saya menyadari bahwa saya butuh banyak belajar. Akhirnya saya mencoba-coba googling dan mencari kiat sukses menjadi penulis. Semua artikel yang menurut saya baik saya lahap. Saya seperti orang yang kelaparan aja…tapi jujur saya memang lapar akan ilmu. Jadi ketika melihat artikel yang berhubungan dengan menulis rasa-rasanya ingin sekali aku makan tulisan itu….hehehehe.  Hingga akhirnya saya menemukan beberapa website yang bagus dalam memberikan tips-tips menulis. Salah satu wabsite tersebut adalah miliki Pak Jonru Ginting Dua.

Dari situ sedikit demi sedikit pengalaman saya bertambah dan apa yang tertulis di dalam artikel-artikel di internet saya baca dan saya praktikkan, tidak tanggung-tannggung saking semangatnya saya menulis, hampir setiap malam saya tidak pernah tidur. Saya terus menulis dan menulis hingga akhirnya saya bisa membuat kurang lebih 150 artikel dalam waktu kurang lebih dua bulan dan saya publikasi di cafemotivasi.com. Setelah kurang lebih dalam dua bulan saya menulis terus tiap hari, saya makin percaya diri dalam menulis bahkan ketika saat saya tidak menulis yang saya pikirkan hanya mencari ide, observasi dan banyak membaca hanya sekedar untuk mencari ide dalam menulis.

Saya sendiri tidak tahu apa yang telah terjadi dengan diri saya. Akhir-akhir ini saya sering merenung dan mencari jawaban atas apa yang sedang saya alami. Dan akhirnya pencarian ku membuahkan hasil. Saya menyebut itu dengan kecanduan menulis. Kenapa saya mengatakan demikian? Baiklah saya akan mencoba menggambarkannya…tapi tidak dengan buku gambar lo ya,,,,hehe.  Saya ini dulu pecandu rokok berat. Dalam keadaan apapun saya selalu butuh rokok, bahkan saya bisa marah-marah ketika selesai makan tidak ada rokok, bukan itu saja rokok selalu menjadi teman setia kemana pun saya berada, apalagi saat saya mengerjakan tugas kampus yang banyak dalam dua jam saya bisa menghabiskan satu bungkus rokok. Teman-teman sudah sering mengingatkan saya, untuk mengurangi rokok. Tapi karena sudah terlanjur kecanduan, rasanya sangat berat jika meninggalkan rokok, seakan-akan ada sesuatu yang kurang dalam hidup ini. Ibaratnya kaya makan sayur tanpa garam ,,hehehe LEBAY.COM

Itulah hal yang saya rasakan saat ini dengan menulis, rasa-rasanya sayang jika waktu luang saya habiskan untuk hal-hal yang tidak penting. Gara-gara kecanduan menulis, tiap hari saya duduk di depan komputer kurang lebih 6-8 jam. Saya tiap bulan harus membeli pulsa internet untuk melengkapi kebutuhan saya. Selain itu saya juga suka membeli buku atau mencari ebook-ebook gratis pilihan di internet. Semua itu saya lakukan dengan senang hati dan tanpa beban.

Mungkin anda bertanya-tanya apa sih inti dari tulisan-tulisan di atas…hehehe,,baiklah saya akan coba menyimpulkan bagaimana caranya supaya kecanduan menulis? Kesimpulannya sangat simpel, Ada Niat serius, Terus Membaca, Terus Menulis, Cari Guru/ Mentor dan Gabung dengan komunitas Penulis seperti BMG ( Belajar Menulis Gratis) di facebook. Namun perlu di ingat juga meskipun kita sudah kecanduan menulis jangan lupakan aktivitas anda yang lain seperti bekerja, berbagi waktu dengan keluarga, dan lain-lain. Kalau anda kecanduan menulis tapi kebablasan itu namanya keracunan menulis. Semoga bermanfaat.

 

About the author

Rona Binham

Adalah trainer, penulis dan blogger pendiri cafe motivasi dan ronapresentasi.com yang sering memberikan motivasi dan inspirasi di berbagai kesempatan dengan spesialisasi di bidang motivasi, pengembangan diri, presentasi powerpoint dan public speaking,

Permanent link to this article: http://cafemotivasi.com/menjadi-kecanduan-menulis/

2 pings

  1. Marx Hegel Kcdm

    maksih atas info yang di abadikan di intrenet dan ini semua bisa menjadi motivasi kuat untuk aku….apa yang kita kita katakan memang benar karena saat ini aku mengalaminya ternyata sulit untuk merampung ide dan materi untuk dijadikan sebagai insipirasi yang harus dirampung dalam tiap bab buku, sekali berikan arahannya tentang motif agar lebih gampang menemukan materi sehingga tidak gamplang dalam setiap ide.ahyadin.

  2. Marx Hegel Kcdm

    kalau bias tolong postingkan sama nomor hp kita karena aku ingin tahu lebih banyak masalah yang bisa membuat kita lebih ingin berkarya dan semacamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *