«

»

Aug 12

Print this Post

Meningkatkan Daya Saing Pribadi

Apa yang menjadikan seseorang lebih maju ketimbang orang yang lainnya? Keputusan dan tindakan seperti apa yang dibutuhkan seseorang untuk mencapai pengembangan diri dan kesejahteraan dalam hidup? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini lazimnya menjadi motivasi seseorang untuk meningkatkan daya saing. Tak dapat dipungkiri perkembangan zaman yang serba cepat menuntut seseorang memiliki perhatian khusus terhadap pada keputusan dan tindakan dalam hidup. Karena kalau tidak seseorang akan terlintas oleh perkembangan dan perubahan yang ada. Dan, perhatian utama yang harus kita pahami dengan serius adalah tentang kemampuan daya saing pribadi.

Apa itu daya saing pribadi

Ada banyak definisi yang diungkapkan oleh para ahli tentang daya saing. Disini saya akan mencoba menyimpulkan apa yang telah disampaikan oleh para ahli tersebut supaya kita lebih mudah memahami apa itu daya saing pribadi. Daya saing pribadi adalah kemampuan untuk menciptakan suatu kondisi spirit yang kuat guna meningkatkan kualitas diri yang lebih baik dalam berbagai elemen kehidupan.

Mengapa mesti memiliki daya saing

Di awal sudah dijelaskan bahwa daya saing adalah sebuah sikap mental yang akan menjadikan seseorang menjadi lebih maju ketimbang yang lain. Ada banyak fakta yang menunjukkan mengapa daya saing itu penting. Fakta-fakta tersebut dapat saya jelaskan sebagai berikut:

  1. Setiap tahun selalu lahir para profesional muda yang siap terjun ke bidangnya masing-masing yang akan menjadi saingan kita. Artinya setiap tahun selalu ada  pikiran-pikiran segar yang akan muncul dan siap melakukan terobosan perubahan. Kalau kita tidak mengantisipasi hal ini maka kita akan mudah tersusul oleh profesional-profesional muda ini.
  2. Perkembangan Ilmu pengetahuan. Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini kemajuan teknologi telah menyebar di hampir sebagian besar wilayah Indonesia, yang mana ini akan berdampak pula pada pola pikir masyarakat yang lebih maju. Satu contoh sederhana saja, saat ini banyak anak-anak muda yang masih duduk di bangku sekolah menengah yang telah mampu menciptakan sebuah karya yang luar biasa. Jika kita tidak mengikuti perkembangan teknologi tersebut maka kita akan kalah. Untuk itu mari kita jadikan diri kita menjadi melek teknologi.
  3. Mudahnya akses informasi. Saat ini yang namanya internet sudah menjadi konsumsi umum sebagian besar masyarakat. Sehingga akses informasi juga akan lebih mudah untuk diperoleh. Hampir semua hal bisa kita peroleh dari internet. Bahkan internet juga akan lebih memudahkan seseorang untuk berhubungan atau belajar sesuatu dari para ahli yang ada di dunia. Karena saking mudahnya informasi itu didapat, hal itu tidak menutup kemungkinan bahwa orang lain juga memiliki kemudahan yang sama dalam mengakses informasi seperti yang kita peroleh. Jika sedikit saja kita bermalas-masalah, maka dalam tempo yang singkat kita akan tertinggal.

Ke-3 hal di atas hanya sedikit fakta yang harus kita ketahui dan menuntut kita untuk terus daya saing supaya kita tetap survive dan tidak tersisihkan.

Bagaimana meningkatkan daya saing pribadi

Supaya mampu meningkatkan daya saing pribadi ada beberapa hal yang bisa kita lakukan

1. Meningkatkan potensi diri

Jika menginginkan daya saing pribadi kita meningkat maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah mampu meningkatkan potensi kita secara maksimal. Kita manusia memiliki potensi luar biasa, tapi sayangnya kita cenderung menilai diri kita ini biasa saja. Padahal kalau kita mau meningkatkan potensi kita secara maksimal maka dengan sendirinya kita akan menjadi pribadi yang cukup diperhitungkan. Akhirnya bukan kita yang takut bersaing, tapi orang lain lah yang akan enggan bersaing dengan diri kita.

2. Memiliki kreativitas dan inovasi

Orang yang mampu bertahan ditengah persaingan adalah orang yang memiliki kreativitas dan inovasi dalam bekerja. Mungkin banyak orang yang melakukan hal yang sama seperti apa yang kita lakukan, tapi yang akan membedakan kita dengan yang lain adalah kemampuan kita berkereasi dan melakukan inovasi untuk memperoleh hasil yang lebih baik dari orang lain.

3. Memiliki Jiwa tahan banting

Orang yang memiliki daya saing tinggi itu bukan berarti orang yang tidak pernah gagal, melainkan orang yang ketika menghadapi kegagalan ia mampu bertahan dan tetap berjuang untuk keluar dari kegagalan yang sedang dialami. Mungkin banyak orang yang gagal akhirnya menyerah, tapi bagi orang yang memiliki daya saing tinggi ia akan tetap berkereasi meskipun dalam keadaan apapun.

4. Tidak berhenti belajar

Tidak ada manusia yang sempurna, diatas langit masih ada langit. Artinya manusia itu memiliki kecenderungan untuk dilebihi orang lain. Namun begitu bagi orang-orang yang mau belajar, ia akan terus bertambah pengalaman, bertambah cerdas, dan bertambah profesional. Untuk mencapai itu semua syaratnya satu “tidak berhenti untuk belajar. Satu ungkapan yang harus kita ingat, semakin kita belajar kita akan tahu bahwa diri kita belumlah apa-apa. Jadi belajarlah terus sampai akhir hayat kita.

Daro berbagai hal di atas satu pelajaran yang bisa kita ambil adalah daya saing pribadi itu penting kita miliki, karena dengan memiliki daya saing pribadi yang tinggi kita akan tetap survive dan semangat dalam menghadapi perubahan.

 

About the author

Rona Binham

Adalah seorang pendidik, praktisi presentasi, penulis dan blogger pendiri cafe motivasi. Ia mengajar, melatih, menulis dan terus berusaha memberikan motivasi dan inspirasi kepada semua orang. Dengan sebuah motto "Orang hebat adalah orang yang hidupnya penuh inspirasi dan menginspirasi

Permanent link to this article: http://cafemotivasi.com/meningkatkan-daya-saing-pribadi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *