«

»

May 27

Print this Post

Menghargai Orang Lain

Menghargai adalah satu kata yang mudah di ucapkan tapi sering kali kita lupakan. Kenapa kita sering kali melupakan? Karena kita cenderung melihat sesuatu dari sudut pandang kita sendiri. Coba kalau kita mau berpikir dari sudut pandang orang lain, tentunya kita akan lebih bisa memahami dan menghargai apa yang di katakan atau di lakukan oleh orang lain. Menghargai orang lain itu sangat penting karena itu adalah bentuk penghargaan kita, cara pandang kita, penilaian kita terhadap orang lain. Selain itu karena kita ini adalah makhluk sosial, makhluk yang tidak akan mungkin bisa hidup tanpa orang lain.

Cara Menghargai Orang lain

Ada beberapa hal yang harus kita pahami dalam menghargai orang lain

Jangan menghancurkan orang lain dengan kritik yang membunuh

Mengkritik memang di perbolahkan, tapi mengkritik dengan maksud menghancurkan jelas tidak diperbolehkan. Kritikan yang pedas akan menghancurkan orang lain secara psikologis, sehingga hal ini akan berdampak pula pada cara pandang orang terhadap diri kita. Maka dari itu belajarlah untuk memberikan kritik yang membangun, dengan begitu orang lain akan lebih merasa di hargai. Selain itu kritikan yang memebangun juga akan membuat orang lain semakin respect dengan kita.

Melakukan penerimaan yang tulus

Di sadari atau tidak kita adalah manusia selalu butuh yang namanya di terima, meskipun dengan orang yang tidak di kenal sekalipun. Coba kita bayangkan seandainya kita berada pada lingkungan yang baru, maka hal pertama yang kita harapkan adalah kita di terima apa adanya oleh lingkungan tersebut. Jika kita sendiri sadar bahwa kita butuh di terima oleh orang lain, maka sudah sewajarnya juga kita bisa menerima keadaan orang lain secara apa adanya. Hal ini akan membuat orang lain senang dan merasa sangat di hargai. Dengan kita memberikan penerimaan secara tulus kepada orang lain, kita meningkatkan penghargaan dirinya, memperbaiki citra dirinya, serta membuatnya merasa santai, dan aman dengan keberadaan kita.

Buatlah orang lain merasa penting

Saya yakin kita pasti merasa sangat di hargai jika kita selalu di anggap penting oleh orang lain. Demikian sebaliknya orang lain pun senang jika kita menganggapnya diri mereka penting. Jika setiap saat kita bisa membuat orang lain merasa penting, maka secara tidak langsung kita telah meningkatkan penghargaan diri orang lain.

Teruslah berpikir positif terhadap orang lain

Berpikir positif kepada orang lain juga merupakan salah satu bentuk menghargai orang lain. Kenapa saya mengatakan demikian karena rasanya aneh saja, jika kita berburuk sangka atau berpikir negatif kepada orang lain, padahal kita sendiri belum tahu betul apa yang di pikirkan oleh orang lain. Untuk itulah tetaplah beroikir positif terhadap orang lain, karena biasanya hal itu akan mendatang sikap dan tindakan yang positif pula terhadaap orang lain.

Tersenyumlah

Senyum itu mengisyaratkan penerimaan yang tulus tanpa syarat. Ketika kita tersenyum kepada orang lain, dia akan merasa bernilai, penting dan berharga. Dia akan merasa lebih nyaman dengan dirinya. Dan akan membuat hubungan kita dengan orang lain menjadi lebih hangat.

Ucapkanlah terimakasih

Terima kasih dua satu kata yang begitu simple tapi memiliki manfaat yang sangat luar biasa dalam kehidupan sosial kita dengan orang lain. Setiap kali kita mengucapkan terima kasih kepada orang lain, maka penghargaan dirinya akan meningkat. Ucapkanlah terimakasih kepada semua orang, atas apa yang di lakukakannya kepada anda, meskipun itu hanya sesuatu yang kecil. Percayalah dengan kita mengucapkan terima kasih untuk hal yang kecil orang akan segera melakukan hal yang besar untuk diri kita.

 

 

About the author

Rona Binham

Adalah trainer, penulis dan blogger pendiri cafe motivasi dan ronapresentasi.com yang sering memberikan motivasi dan inspirasi di berbagai kesempatan dengan spesialisasi di bidang motivasi, pengembangan diri, presentasi powerpoint dan public speaking,

Permanent link to this article: http://cafemotivasi.com/menghargai-orang-lain/