«

»

Aug 07

Print this Post

Mengembangkan ide tulisan dengan teknik Mind Map

Apakah Anda sering mengalami kesulitan mengembangkan sebuah ide tulisan?

Apakah Anda sering berhenti menulis gara-gara ditengah jalan tiba-tiba otak bleng, tidak tau mau menulis apa?

Apakah Anda juga sering merasa sulit merangkai dan mengaitkan paragraph  satu dengan yang lain?

Jika rata-rata jawaban dari pertanyaan di atas ya, maka Anda tidak usah bersedih karena sebenarnya ada banyak solusi untuk menyelesaikan permasalahan-permasalah yang Anda alami. Salah satunya adalah dengan menggunakan teknik Mind Map atau Mind Mapping

Apa Itu Mind Map?

Mind Map adalah “alternative pemikiran keseluruhan otak terhadap pemikiran linier. (Mind Map) menggapai ke segala arah dan menangkap berbagai pikiran dari segala sudut (Michael Michalko).

Mind map atau mind mapping pertama kali dikembangkan oleh Tony Buzan. Beliau adalah penemu peta pikiran, ketua yayasan otak, pendiri klub pakar (Brain Trust) dan klub Kepala Anda (Use Your Head), dan penciptak konsep Melek Mental (Femi Olivia, 2008).

Apa yang ditawarkan oleh Tony Buzan tersebut diyakini menjadi alat bantu yang bisa memanfaatkan kedua belahan otak ketika berpikir. Hal ini juga diyakini membuka pikiran sebebas-bebasnya.

Manfaat Mind Map Dalam Pengembangan Ide Tulisan

Femi Olivia dalam bukunya yang berjudul Gembira Belajar Dengan Mind Mapping menjelaskan  banyak manfaat yang bisa diperoleh melalui mind mapping. Mind mapping akan membuat ide tercurah dengan membiarkannya mengalir dari satu ide, lalu memancar ke ide berikutnya.

Pernyataan serupa oleh pendapat Hernowo seorang guru bahasa Indonesia serta pelatih quantum learning dan quantum teaching yang menyatakan bahwa mind mapping memiliki tiga manfaat. Pertama,  merangsang bekerjanya otak kiri dan otak kanan secara sinergis. Kedua, membebaskan diri dari seluruh aturan ketika  mengawali menulis. Ketiga, membantu seseorang mengalirkan apapun yang disimpan diri tanpa hambatan.

Lebih lanjut Hernowo dalam bukunya yang berjudul “Mengikat Makna Update: Membaca dab Menulis yang Memberdayakan” menjelaskan salah satu kelebihan mind mapping adalah membuat pikiran dapat melihat kaitan antara ide yang satu dengan ide yang lain. Bahkan dalam proses mendeteksi ide mind mapping juga memberikan jalan kepada si pemiliki ide agara membuat semacam peta yang menggambarkan bentangan ide yang cocok dengan keingnan si pemilik ide. Selain dapat membantu membuat peta atau jalan untuk menulis, mind mapping juga membentangkan ide.

Dari berbagai papaparan tersebut saya dapat mengambil sebuah kesimpulan bahwa mind mapping sangat bermanfaat untuk mengembangkan sebuah ide tulisan, selain itu mind mapping juga mampu merangsang kita untuk menulis dengan lebih baik dan lebih runtut.

Bagaimana Membuat Mind Map Sederhana untuk mengembangan ide tulisan

Sekarang kita masuk dalam tahap bagaimana kita mulai belajar mengembangkan ide dengan teknik Mind Map. Cara ini saya adopsi dari tulisannya Muhammad Noer dalam situsnya Muhammadnoer.com yang membahasa tentang mengajarkan anak membat mind map dalam 6 langkah sederhana. Setelah saya baca, saya amati dan saya pahami, ternyata cara itu efektif juga diterapkan untuk mengembangkan ide dalam menulis. Namun di sini saya hanya akan menjelaskannya dengan 3 langkah sederhana.

Pertama, buatlah Judul atau topik yang ingin Anda tulis. Pertama-tama  tulislah judul ditengah catatan Anda. misalnya kita memilih judul “Mengambil keputusan”.  

Kedua, Membuat cabang utama. dari judul tersebut kemudian Anda berimajinasi tentang hal apa saja yang berkaitan dengan “Mengambil keputusan. Misalnya:

  • Pentingnya mengambil keputusan tepat
  • Manajemen mengambil keputusan tepat
  • Langkah efektif mengambil keputusan yang tepat

Ketiga, Mengembangkan cabang. Setelah anda mendapatkan cabang utamanya, selanjutnya anda kembangkan lagi cabang-cabang utama tersebut menjadi anak cabang. Misalnya:

Pentingnya mengambil keputusan, kita kembangkan menjadi:

  • Pentingnya mengambil keputusan untuk kebaikan diri sendiri
  • Pentingnya mengambil keputusan dalam kehidupan keluarga
  • Pentingnya mengambil keputusan dalam organisasi masyarakat
  • dan lain sebagainya …..

Anda lakukan hal yang sama untuk cabang utama kedua dan ketiga. Silahkan anda lanjutkan hal ini  untuk belajar ?

Kalau misalnya cabang utamanya 6 maka anda akan  mengembangkan 6 cabang menjadi beberapa anak cabang lagi sesuai tujuan anda.

Kalau untuk membuat buku tentu akan banyak cabang utama, anak cabang dan anaknya lagi. Tapi karena ini hanya untuk latihan maka saya sengaja memberikan arahan yang sederhana. Tapi jika anda berhasil, maka untuk mengembangkan ide tulisan untuk artikel, saya yakin anda tidak akan kesulitan.

Sebenarnya mind map itu sendiri menggunakan gambar, jadi kalau Anda ingin praktek silahkan gunakan kertas, dan siapkan alat tulis yang mendukung. Kalau bisa setiap cabang utama dan anak cabang di beri warna yang berbeda-beda.

Dari paparan di atas semoga bisa memberikan gambaran kepada Anda bagaimana mengambangkan ide tulisan, sehingga Anda tidak kesulitan lagi mengembangkan ide-ide yang Anda miliki.

About the author

Rona Binham

Adalah seorang pendidik, praktisi presentasi, penulis dan blogger pendiri cafe motivasi. Ia mengajar, melatih, menulis dan terus berusaha memberikan motivasi dan inspirasi kepada semua orang. Dengan sebuah motto "Orang hebat adalah orang yang hidupnya penuh inspirasi dan menginspirasi

Permanent link to this article: http://cafemotivasi.com/mengembangkan-ide-tulisan-dengan-teknik-mind-map/

2 comments

  1. Elka Ferani

    Thanks infonya ya. Saya coba ah buat bikin artikel lomba. Sepertinya asyik :)

    1. Rona Binham

      Sama-sama mbak Elka, sukses buat menulisya ya, semoga menang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *