«

»

Jul 23

Print this Post

Mengatasi Rendah Diri

Antara Rendah Diri dan Rendah Hati

Sebelum membahas tentang rendah diri, kita harus bisa membedakan makna dari rendah diri dan rendah hati. Karena banyak orang kadang menganggap kedua hal ini sama. Padahal keduanya adalah dua hal yang berbeda. Rendah diri adalah perasaan yang mengangap diri  sendiri rendah, sedangkan rendah hati adalah sikap tidak menyombongkan diri atau melebihkan diri.

Orang yang rendah diri cenderung menganggap dirinya diciptkan tidak sebaik orang lain. Mungkin Anda pernah mendengar orang berkata “Saya ini hanya orang kecil pak…” Atau “Saya ini hanya orang bodoh, tidak pantas rasanya saya berada di depan” Atau “Saya ini tidak gaul, kuper, jadi saya tidak pantas bergaul dengan mereka”. Ya…itulah beberapa kata yang sering diucapkan oleh orang yang rendah diri.

Berbeda dengan orang yang rendah hati. Orang yang rendah hati tidak akan menonjolkan kemampuannya di atas orang lain. Hal terpenting bagi orang yang memiliki kerendahan hati adalah membuat orang lain senang dan merasa nyaman berada didekatnya. Orang rendah hati juga cenderung tidak memerlukan penghargaan orang lain karena membuat orang lain senang dan nyaman sudah cukup baginya.

Mengapa Rendah Diri?

Mengapa seseorang rendah diri? Ada 2 faktor yang menyebabkan seseorang rendah diri. 2 faktor tersebut dapat saya jelaskan sebagai berikut:

1. Faktor dari  diri sendiri

Faktor-faktor dari dalam ini seperti tidak mampu melihat potensi diri yang dimiliki, kurangnya keyakinan dari dalam diri, pikiran negatif yang selalu menghantui, atau keadaan fisik (pendek, gemuk, cacat, tidak genteng/cantik, dan sebagainya).

2. Faktor dari luar

Sedangkan faktor dari luar bisa seperti keadaan sosial ekonomi keluarga, keluarga yang broken home, lingkungan pergaulan yang tidak sebanding, atau korban dari menjamurnya iklan. Kenapa iklan membuat orang rendah diri? tentu yang salah bukan iklan, tapi kebanyakan orang ingin tampil seperti apa yang ada di iklan-iklan, punya penampilan menarik, gaul, cantik, ganteng dan modis, namun sayangnya tidak semua orang bisa seperti itu. Hal inilah yang membuat orang rendah diri, karena tidak bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, seperti yang dimuat dalam iklan-iklan.

Tentu saja masih banyak lagi faktor yang lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu dalam tulisan ini.

Cara Mengatasi Rendah Diri

Ada beberapa cara mengatasi rendah diri. Cara-cara tersebut dapat saya jelaskan sebagai berikut:

1. Kenali diri dengan mendalam

Ada dua pertanyaan yang sering saya ajukan kepada teman-teman saya. Pertanyaan pertama sebutkan kekurangan yang kamu miliki, minimal 5 dan berikan alasan yang masuk akal? Pertanyaan kedua sebuatkan kelebihan-kelebihan yang kamu miliki, minimal lima dan berikan alasan yang masuk akal? Menjawab pertanyaan yang pertama, sebagian dari mereka menjawab dengan begitu mudah, bahkan ada menyebutkan lebih dari lima. Namun untuk jawaban yang kedua, sebagian besar dari mereka, kayaknya agak kesusahan, jangankan menyebutkan lima, bisa menyebutkan dua-tiga saja sudah dah bagus, itupun masih banyak yang ragu-ragu. Bahkan ada yang gak bisa mneyebutkan apa-apa.

Dari paparan di atas menunjukkan bahwa ternyata banyak orang yang tidak memahami dirinya secara mendalam. Itu baru masalah kelebihan dan kekurangan, belum masalah yang lain. Inilah kunci bagaimana kita bisa mengatasi rasa rendah diri. Dengan kita mengenali diri kita secara mendalam baik itu kekuragan, kelebihan, minat, motivasi, passion, dan sebagainya, maka satu langkah untuk mengatasi rasa rendah diri telah kita lalui, sehingga menjadi pribadi yang lebih percaya diri akan mudah kita raih di kemudian hari.

2. Berdoalah untuk meningkatkan keyakinan diri

Dalam masalah apapun doa selalu bisa memberikan solusi kepada kita semua. Doa adalah sarana yang efektif bagi kita untuk berkomunikasi secara inten dengan sang Pencipta, karena itulah ketika di dalam hati kita ada keraguan, maka segeralah minta kepada Tuhan, supaya hati kita diberikan kemantapan. Hati yang jauh dari doa, akan cenderung lebih mudah was-was, mudah ragu dan mudah memberikan penilaian yang rendah pada diri kita sendiri. Padahal seperti yang kita tahu, kita ini adalah makhluk Tuhan yang paling mulia, yang diciptakan dengan berbagai macam potensi diri yang luar biasa.

3. Bergaullah dengan orang positif

Orang bijak berkata kalau kita mau wangi maka bergaullah kita dengan penjual minyak wangi. Sekilas kita bisa mengambil pesan, bahwa pergaulan akan mempengaruhi cara pandang kita terhadap diri kita dan terhadap apa yang terjadi di luar kita. Ketika cara pandang kita positif terhadap diri kita maka ini akan berdampak pada perilaku yang akan kita munculkan sehari-hari. Karena itulah supaya mampu mengatasi rasa rendah diri, kita harus bergaul dengan orang-orang yang penuh percaya diri. Belajarlah dari mereka tentang bagaimana membangun kepercayaan diri, supaya kehidupan kita menjadi lebih baik lagi dikemudian hari. Tidak ada lagi kata minder, tidak ada lagi kata takut, yang ada kita akan mengatakan bahwa diri kita bisa.

4. Dongkrak bakat yang terpendam

Semua orang dilahirkan memiliki bakat yang terpendam. Namun tidak semua orang punya kesempatan yang sama untuk mendongkrak bakat itu menjadi sebuah prestasi yang luar biasa. Ada sebuah rumus yang harus kita pahami bahwa Bakat + Kemampuan = Prestasi. Artinya bakat tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya kemampuan. Kemampuan di sini meliputi banyak hal seperti sarana dan prasarana pendukung, latihan, pendidikan, motivasi dan sebagainya.

Bakat ini juga bisa menjadi modal bagi kita untuk mengatasi rendah diri. Caranya kenali bakat kamu, kemudian dongkrak bakat itu supaya muncul dan bisa menghasilkan sesuatu yang membanggakan bagi kita. Semakin banyak bakat yang  kita gali dan kita kembangkan, maka kita akan semakin percaya diri. Setelah itu, kita akan mengucapkan “selamat tinggal rendah diri, sekarang aku tidak butuh kamu lagi forever…..!”

5. Perbaiki penampilan diri

Ada sebuah pepatah jawa mengatakan “Ajining diri saka lati ajining raga saka busana”. Artinya harga diri kita tergantung dari apa yang kita ucapkan, dan harga tubuh kita terletak pada pakaian yang kita pakai. Ini bukan suatu hal yang sepele, penampilan itu penting untuk mengatasi rendah diri. Apakah memperbaiki penampilan itu harus? Ya,,,itulah menurut pendapat saya. Semakin baik penampilan kita, maka kita akan semakin percaya diri. Tapi perlu kita ingat! Memperbaiki penampilan itu tidak harus mahal, yang penting bersih, sesuai dan rapi. Dengan begitu yang namanya rendah diri akan menjauh dari hidup kita.

6. Kelola pikiran dan mental

Mengelola pikiran harus kita mulai dari mindset, sedangkan mengelola mental harus kita mulai dari hati. Kedua hal ini adalah senjata. Siapa orang yang mampu mengelola pikiran dan mentalnya dengan baik, maka peluang untuk hidup lebih cerdas, lebih pintar dan lebih percaya diri akan mudah untuk raih. Dari itu sinkronkan antara pikiran dan hati kita, supaya tercipa energi positif yang akan menggerakkan kita menjadi pribadi yang luar biasa di dalam kehidupan kita.

Semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat dan selamat membaca!

About the author

Rona Binham

Adalah seorang pendidik, praktisi presentasi, penulis dan blogger pendiri cafe motivasi. Ia mengajar, melatih, menulis dan terus berusaha memberikan motivasi dan inspirasi kepada semua orang. Dengan sebuah motto "Orang hebat adalah orang yang hidupnya penuh inspirasi dan menginspirasi

Permanent link to this article: http://cafemotivasi.com/mengatasi-rendah-diri/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *