«

»

Jul 24

Print this Post

Mengatasi Demam Panggung Dengan Mudah

Apakah Anda sering mengalami demam panggung saat berbicara di muka umum? Jika benar, Anda tidak usah merasa risau, karena hal itu bisa diatasi dengan mudah.

Sebelumnya perlu Anda ketahui, mengalami demam panggung adalah hal yang wajar. Bukan hanya kita, bahkan para pakar public speaking sekali pun pernah mengalami yang namanya demam panggung. Untuk itu sebelum melangkah ke upaya mengatasi demam panggung, kita harus bisa menilai demam panggung ini sebagai bagian dari proses yang memang harus kita lalui.

Bagaimana kita bisa mengatahui bahwa diri kita demam panggung?

Pada umumnya tanda-tanda demam panggung adalah: mulut menjadi kering, lutut dan tangan gemetaran, nafas cepat memburu, detak jantung cepat berpacu, wajah memerah dan panas. Tanda-tanda fisik tersebut, muncul karena faktor psikologis “takut” terhadap hadirin dan “takut gagal, kehendak untuk berhasil yang berlebihan, pengalaman gagal masa lalu, atau kekhawatiran lain yang sulit dirumuskan. Berdasarkan penelitian, dari sepuluh hal yang paling ditakuti di Amerika yang menduduki peringkat pertama adalah takut berbicara di depan umum.

Penyebab demam panggung

Orang yang sering terkena demam panggung umumnya memiliki masalah-masalah berikut:

  1. Kurang pengalaman dalam penampilan di depan publik atau kurang pengalaman dalam membuat pernyataan di depan umum
  2. Kurang bergaul, merasa cenderung malu dan kurang berkehidupan sosial
  3. Kurang memiliki kemampuan ekspresif, khususnya lisan, karena kurang berkomunikasi lisan dengan orang lain.

Pada hakikatnya, demam panggung adalah suatu konflik yang bereaksi antara perkembangan kejiwaan dengan kondisi fisik orang tersebut. Di satu sisi, jasmani siap untuk tampil, di sisi lain, hati ingin “lari”. Untuk itu usahakan yang terbaik, tampil dengan tenang dan wajar. Selain gangguan fisik, demam panggung juga berdampak pada intekektualitas, misalnya menyebabkan daya pikir terganggu. Apa yang telah dihafal lupa, tata pikir telah diatur jadi kacau, akhirnya salah tingkah karena tidak apa yang harus dilakukan.

Mengatasi Demam Panggung

Untuk mengatasi demam panggung diperlukan sebuah upaya-upaya khusus. Berikut akan saya sajikan bagaimana upaya mengatasi demam panggung menurut  ahli.

Dedy Dahlan dalam bukunya yang berjudul Start Young Menjelaskan terdapat beberapa tips sederhana untuk mengatasi demam panggung, antara lain:

  1. Kuasai materi-Bila kita telah menguasai materi, kita akan lebih tenang untuk memainkan isi dan mengatur sikap dan tubuh kita di atas panggung. Kita memiliki alasan untuk tenang.
  2. Visualisasi-Gambarkan diri kita sebagai seorang pembicara handal, semua penonton dan hadirin menanti keberhasilan kita di panggung.
  3. Awasi gerak tubuh-Bergeraklah, karena diam sering kali menyebabkan perasaan grogi bertambah, namun jangan terlalu banyak gerak, karena selain justru akan menimbulkan kesan grogi, juga akan membuat hadirin sulit memperhatikan kita.
  4. Gunakan ice breaker-Pecahkan kekakuan dengan lelucon atau cerita santai. Dengan membuat hadirin rileks, kita juga akan rileks.
  5. Hadirin tidak tahu kok-Ingatlah selalu bahwa hadirin tidak pernah mengintip catatan kita, jadi bila kita salah sedikit, teruskan saja, mengapa? Mareka tidak tahuk kok.

Sedangkan menurut Rustica C. Carpio & Anacleta M. Ada enam langkah yang direkomendasikan dalam berhubungan dengan demam panggung.

  1. Memulai pembicaraan haruslah tentang hal yang berhubungan dengan subjek dan materi yang penting menarik bagi pembicara itu.
  2. Pembicara harus mempersiap diri dengan baik
  3. Pengetahuan pembicara tentang subjeknya itu harus lebih banyak dari pengetahuan para pendengar
  4. Pembicara harus ingat bahwa ia tampak lebih percaya diri daripada yang dirasakannya.
  5. Pembicara harus yakin bahwa orang-orang lain juga sama-sama memiliki kekuatirannya.
  6. Pembicara harus selalu ingat bahwa para pendengar pada umumnya bersifat bersahabat.

Pendapat-pandapat di atas bisa Anda terapkan untuk mengatasi demam panggung. Namun saya punya akternatif lain, berdasarkan pengalaman pribadi saya, yang bisa juga Anda coba untuk mengatasi demam panggung. Cara-cara tersebut dapat saya jelaskan sebagai berikut:

Cara Mencegah Demam Panggung

Upaya ini Anda lakukan sebelum kegiatan Anda dimulai

1. Persiapkan baik-baik

Dalam hal apapun akan lebih baik, jika kita memiliki persiapan yang matang. Sama halnya dengan berbicara di muka umum. Persiapan mutlak diperlukan untuk hasil yang terbaik. Para ahli public speaking pun malakukan hal ini. Kalau yang ahli saja melakukan persiapan, rasanya tidak ada alasan bagi kita untuk meninggalkan hal ini. Itu artinya persiapan dengan baik, merupakan keharusan yang tidak bisa di ganggu gugat.

2. Berlatihlah untuk menyampaikan dengan baik

Ketika saya di minta mengisi suatu kegiatan, maka saya selalu berlatih bagaimana menyampaikan materi dengan baik. Meskipun materi ini sudah saya kuasai, tapi saya masih membuhkan latihan supaya pesan yang saya sampaikan mengena. Bukan hanya mulut saja yang berkata, tapi semua anggota tubuh harus ikut berbicara, termasuk tatapan mata, senyum, mimik wajah, dan body language. Karena itulah latihan ini sangat penting.

3. Berpikirlah positif

Setelah kedua hal di atas Anda lakukan, tugas Anda selanjutnya adalah menata pola pikir. Usahakan untuk selalu berpikir positif. Lupakan tentang hal-hal negatif yang akan membuat Anda ragu atau takut. Tidak usah berandai-andai, yakinlah bahwa Anda bisa.

Cara Mengusir demam panggung

Orang yang telah melakukan persiapan dengan baik umumnya akan mampu mengatasi demam panggung dengan lebih mudah. Namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa demam panggung tiba-tiba muncul kembali saat Anda berada di depan audien. Jika hal itu terjadi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah jangan panik. Setelah itu Anda bisa melakukan hal-hal berikut:

1. Tersenyumlah

Jangan pernah menyepelekan senyum. Senyum selain membuat Anda sedikit rileks juga akan meredam suasana kekakuan antara Anda dengan audien. Ketika hubungan Anda dan audien mulai terbangun, itu akan sedikit membuat demam panggung Anda sedikit berkurang.

Kalau Anda benar-benar melakukan persiapan dengan baik, saya yakin demam panggung hanya akan terjadi dalam waktu sesaat saja. Setelah itu semua akan berjalan dengan lancar.

2. Aturlah nafas, tempo dan intonasi

Ketika di atas panggung tiba-tiba kecemasan mulai muncul, itu pertanda bahwa Anda mengalami demam panggung. Jika itu terjadi maka aturlah nafas Anda terlebih dahulu, kemudian perhatikan tempo pembicaraan. Hati-hati jangan terlalu cepat berbicara dalam keadaan seperti ini, karena ini bisa berakibat pada pengucapan kata yang salah, atau yang lain. Satu lagi perhatikan juga intonasi, usahakan intonasi suara Anda tetap stabil dan bisa didengarkan oleh semua audien yang hadir.

3. Perhatikan posisi tubuh dan gerakan Anda

Saat berbicara di muka umum, yang paling nampak jika kita demam panggung adalah posisi tubuh dan gerakan kita. Ini satu poin penting yang tidak boleh Anda abaikan. Usahakan posisi tubuh tetap rileks, tapi tidak terkesan loyo, selain itu hati-hati dengan jari tangan Anda. Orang yang mengalami demam panggung umumnya jari-jari tangannya gemetar. Jika itu terjadi, sejenek tenangkan diri, jangan panik dan konsentrasikan pikiran Anda pada masalah yang Anda sampaikan.

Semua cara di atas bisa Anda aplikasikan, tapi perlu Anda ingat untuk bisa mengatasi demam panggang secara maksimal Anda harus memulai dengan upaya pencegahan. Ini lebih baik Anda lakukan, karena jika persiapan Anda baik, Insya Allah hasilnya akan baik juga. Kalaupun Ada demam panggung, percayalah itu hanya akan terjadi sepintas, setelah itu Anda akan menikmati presentasi, ceramah atau pidato Anda.

Sumber Bacaan:

Dedy Dahlan. (2009). Start Young Tips dan Trik Sukses Di Usia Muda. Jakarta: PT Grasindo.

F. Rudy Dwiwibawa & The Riyanto. (2008). Siap Jadi Pemimpin (Latihan Dasar Kepemimpinan). Yagjakarta: Kanisius.

George G. Kops. (2010). Sentuhan 10 Menit Presentasi Bisnis. Diterjemahkan oleh: Niken Hindreswari. Yogjakarta: Andi

Minto Rahayu. (2009). Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo

Rustica C. Carpio & Anacleta M. Encarnaction. Private and Public Speaking. Yayasan Obor Indonesia.

About the author

Rona Binham

Adalah trainer, penulis dan blogger pendiri cafe motivasi dan ronapresentasi.com yang sering memberikan motivasi dan inspirasi di berbagai kesempatan dengan spesialisasi di bidang motivasi, pengembangan diri, presentasi powerpoint dan public speaking,

Permanent link to this article: http://cafemotivasi.com/mengatasi-demam-panggung-dengan-mudah/

2 pings

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *