«

»

May 12

Print this Post

Kiat Sukses Belajar

Kiat sukses belajar adalah cara atau strategi yang di lakukan seseorang untuk mencapai keberhasilan dalam belajar. Pada umumnya setiap orang memiliki kita-kiat tersendiri untuk mencapai keberhasilan dalam belajar. Hal ini karena setiap orang memiliki latar belakang, minat dan motivasi serta tingkat kecerdasan yang berbeda-beda.  Tapi yang jadi masalah tidak semua orang tahu bagaimana caranya memperoleh keberhasilan dalam belajar. Di itulah dalam tulisan ini saya akan menjelaskan kepada anda bagaimana kiat sukses dalam belajar.

Sebelumnya perlu di ketahui bahwa ada tiga tahapan penting dalam belajar. Pertama, tahap pra belajar, yaitu faktor  yang harus diketahui sebelum proses belajar di lakukan. Dalam tahap ini ada tiga faktor penting yang harus di perhatikan yaitu, motivasi, emosi positif dan gaya belajar. Kedua tahap belajar. Tahap ini ada beberapa faktor yang harus diperhatikan yaitu kemampuan membaca, kemampuan mencatat bebas, doa, posisi belajar dan jeda. Ketiga tahap Pasca Belajar, yaitu tahapan setelah proses belajar selesai.  Dalam tahap ini ada beberapa faktor yang harus di pahami yaitu kemampuan meringkas, senam otak dan teknik memori.

Kiat Belajar sukses

Setelah anda memahami ketiga tahapan di atas , berikut kiat-kita yang bisa anda terapkan untuk mencapai keberhasilan dalam belajar.

1.       Menyusun jadwal kegiatan

Kalau anda ingin mencapai kesuksesan dalam belajar maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengatur jadwal belajar anda. Kenapa harus mengatur jadwal, karena belajar membutuhkan konsistensi dan disiplin, dengan menyusun jadwal belajar yang tepat anda akan terbiasa untuk melakukan kegiatan belajar secara terprogram. Membuat jadwal mungkin mudah, tapi bagaimana anda disiplin dalam mematuhi jadwal untuk tidak mudah, untuk itu diperlukan motivasi diri yang kuat, supaya anda terdorong untuk belajar sesuai dengan jadwal yang telah anda tentukan.

2.       Belajar sesuai dengan gaya belajar yang di miliki

Di awal tadi sudah sedikit di bahwa faktor yang harus di perhatikan dalam belajar adalah gaya belajar. gaya belajar ini umumnya ada tiga yaitu auditorial, visual dan kinestik. Anda harus tahu betul gaya belajar anda, karena kalau tidak anda akan sulit mendapatkan hasil maksimal. Mengetahui gaya belajar ini  caranya cukup mudah yaitu dengan memikirkan belajar yang seperti apa yang paling menyenangkan untuk anda, apakah dengan mendengarkan musik, atau dengan membaca dan lain sebagainya.

3.       Memilih tempat yang nyaman untuk belajar

Tidak bisa di pungkiri kenyamanan tempat belajar sangat penting dalam belajar. Hal ini sangat berpengaruh pada konsentrasi anda dalam belajar. kalau konsentrasi sudah terganggu maka akan sulit bagi anda memahami materi yang sudah di pelajari. Tempat yang nyaman di sini tidak harus bagus, yang penting tidak bisa membuat anda mudah berkonsentrasi.

4.       Belajar jangan memorsir waktu

Ini hal yang paling penting dan perlu diperhatikan, hentikan kebiasaan belajar kalau mau mendekati ulangan atau ujian. Biasanya jika kebiasaan ini tidak di rubah maka anda akan cenderung belajar ngebut semalam dan hal ini jelas tidak akan efektif. Maka dari itu untuk menghindari hal semacam ini sebagainya anda belajar sesuai dengan jadwal yang sudah anda buat sebelumnya. Ada ulangan atau tidak anda harus belajar setiap hari, meskipun hanya sedikit-sedikit yang terpenting adalah konsisten.

 

About the author

Rona Binham

Adalah seorang pendidik, praktisi presentasi, penulis dan blogger pendiri cafe motivasi. Ia mengajar, melatih, menulis dan terus berusaha memberikan motivasi dan inspirasi kepada semua orang. Dengan sebuah motto "Orang hebat adalah orang yang hidupnya penuh inspirasi dan menginspirasi

Permanent link to this article: http://cafemotivasi.com/kiat-sukses-belajar/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *