«

»

Nov 06

Print this Post

Kekuatan Fokus

Fokus

“Goals provide the energy source that powers our lives. One of the best ways we can get the most from the energy we have is to focus it. That is what goals can do for us; concentrate our energy” – Denis Waitley

Maksud dari kutipan tersebut adalah sebuah tujuan yang jelas menyediakan sumber energi untuk kekuatan hidup kita. Salah satu cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan sebagian besar dari energi untuk mencapai tujuan adalah fokus.

Banyak orang memiliki tujuan, harapan atau cita-cita, namun banyak diantara mereka masih belum bisa mencapai tujuan tersebut. Dan salah satu penyabab adalah tidak fokus.

Tanpa fokus seseorang hanya akan melakukan kegiatan dengan setengah energi, sehingga hasilnya pun tidak akan optimal. Ini berbeda jika Anda mengerjakan sesuatu dengan energi yang penuh, energi yang Anda fokuskan. Maka Anda akan mencapai hasil kerja yang optimal.

Ini seperti kaca pembesar, yang bisa menjadikan sinar matahari yang hangat menjadi sangat panas dan mampu membakar benda yang disinarinya bila difokuskan pada satu titik.

Saya yakin sebagian besar dari Anda kenal tokoh yang satu ini, Steve Jobs. Tahukah Anda apa yang menjadi mantra kesuksesan Steve Jobs? Ini dia yang menjadi mantra kesuksesan steve jobs yaitu fokus dan kesederhanaan. Steve Jobs mengatakan “Itu menjadi salah satu mantra saya – fokus dan kesederhanaan.”

Dengan kata lain fokus akan menjadikan energi kita tercurah dengan penuh pada satu aktivitas utama dan penting. Fokus akan menjadi emosi kita lebih positif, kita akan lebih semangat. Dan fokus akan membuat pikiran kita terpusat pada hal-hal yeng perlu dipikirkan terlebih dahulu.

Lantas mengapa banyak orang sering tidak fokus?

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui yang menyebabkan orang tidak fokus dengan tujuan mereka antara lain profokasi orang lain, banyaknya tujuan yang ingin dicapai dalam waktu bersamaan, tidak yakin atau ragu akan tercapainya tujuan yang sudah ditetapkan.

Nah sekarang Anda sudah tahu bahwa fokus itu begitu penting. Anda juga sudah tahu penyebab dari tidak fokus.

Lantas bagaimana caranya supaya kita bisa menjaga fokus kita dengan baik?

Ada empat tips sederhana, untuk menjaga fokus Anda.

1. Miliki komitmen yang kuat

Dalam hal apapun komitmen sangat penting. Termasuk dalam menjaga fokus Anda. Jika Anda sudah berkomitmen melakukan hal-hal utama dan penting, maka Anda bisa mengesampingkan hal-hal lain yang melintas atau mengganggu. Namun jika komitmen Anda lemah, maka Anda akan cepat lupa dengan tujuan utama yang ingin Anda capai. Dari sinilah Anda akan kehilangan fokus Anda. Jadi jaga komitmen Anda untuk menjalankan apa yang sudah menjadi tujuan Anda.

2. Miliki Pengingat

Dengan berbagai kesibukan yang harus kita lakukan setiap hari. Bisa jadi kita lupa akan tujuan utama kita. Jadi, harus ada pengingat bahwa Anda sedang mencapai tujuan tertentu. Ada beberapa hal bisa Anda lakukan antara lain: Posting pengingat di dinding, kulkas, dan komputer desktop. Kirim pengingat diri menggunakan kalender online atau layanan pengingat. Bahkan jika Anda miliki blog Anda bisa menuliskan kemajuan Anda melalui blog Anda tersebut. Hal ini cukup efektif juga sebagai pengingat bagi Anda.

3.Miliki Skala Prioritas

Setiap kegiatan yang Anda lakukan haru Anda buat skala prioritasnya, sehingga Anda tahu apa yang harus Anda tahu mana yang harus Anda dahulukan, maka yang harus segera Anda persiapkan dan mana yang bisa Anda kesampingkan sesaat.  Akan lebih jika setiap prioritas kegiatan sudah terjadawal denga baik, kapan Anda kerjakan dan kapan Anda selesaikan.

4. Kuatkan keyakinan

Dengan kuatnya keyakinan Anda, maka Anda tidak akan mudah tergoda olah bisikan-bisikan keraguan, Anda tidak akan mudah terpengaruh dengan profokasi dari orang lain yang menjadikan Anda pesimis. Percayalah keyakinan ini akan menjadikan mental Anda kuat untuk berpegang teguh pada komitmen yang telah Anda pupuk.

Demikianlah ulasan tentang kekuatan fokus. Sekarang Anda sudah melihat bagaimana kekuatan fokus dalam melejitkan diri Anda dalam mencapai tujuan yang sudah Anda tetapkan.

Sebelum saya akhiri ada 2 poin penting yang harus Anda ingat.Pertama, fokus akan menjadikan diri Anda mencurahkan energi, emosi dan pikiran dalam melakukan aktivitas penting dan utama. Kedua, Fokus dapat dijaga dengan komitmen, memiliki pengingat, melakukan tindakan sesuai prioritas dan keyakinan.

Maintain your focus on your goal, and you’ve won half the battle in achieving it.(Jadi pertahankan fokus pada tujuan Anda, dan Anda telah memenangkan setengah pertempuran dalam mencapainya) – Leo Babauta

 

Photo Credit: MIKI Yoshihito

About the author

Rona Binham

Adalah trainer, penulis dan blogger pendiri cafe motivasi dan ronapresentasi.com yang sering memberikan motivasi dan inspirasi di berbagai kesempatan dengan spesialisasi di bidang motivasi, pengembangan diri, presentasi powerpoint dan public speaking,

Permanent link to this article: http://cafemotivasi.com/kekuatan-fokus/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *