«

»

Jun 28

Print this Post

Ingin Jadi Penulis Sukses ? Anda Harus Gila !

Kalau anda pernah membaca buku karangan Dr. M. Sobry Sutikno yang berjudul Ingin Sukses? Anda Harus Gila ! Pasti anda semua tahu maksud dari judul artikel ini. Tapi bagi anda yang belum pernah baca bukunya mungkin anda berpikir bahwa saya ini gila, karena menyuruh anda gila. Tenang saja, saya tidak mungkin menyuruh anda gila dulu, kalau ingin jadi penulis. Supaya anda tidak penasaran, ada baiknya anda baca artikel ini sampai habis ya..supaya nanti gak kebawa mimpi, hehe…

Seperti yang saya kutip dalam buku tersebut untuk menjadi sukses hal pertama yang harus dilakukan adalah berpikir. Hal itu bisa kita terapkan dalam diri kita dalam menulis. Untuk menjadi penulis sukses kita harus punya pikiran sukses terlebih dahulu.  Untuk menjadi penulis sukses tentu tidak semudah membalik telapak tangan.  Dibutuhkan sebuah tekad, kesabaran dan upaya yang intensif untuk menggapai itu semua. Pertama yakinlah kepada diri kita bahwa kita akan menjadi penulis sukses. Afirmasikan hal ini setiap saat, katakan pada diri kita sendiri bahwa kita adalah calon penulis sukses dan hebat. Gali dan kembangkan terus kemampuan kita dalam menulis, tidak usah takut dikritik atau apapun.

Perlu kita ingat hidup itu selalu berubah, hari ini kita penulis pemula suatu saat kita bisa menjadi penulis sukses, sedangkan yang sudah menjadi penulis sukses suatu saat bisa saja tidak lagi menjadi penulis sukses. Semua hal itu tergantung diri penulis itu sendiri. Jika saat ini kita belajar terus dan terus menulis maka sukses akan kita petik. Ini berlaku untuk semua penulis baik pemula maupun yang sudah sukses. Kemampuan menulis itu ibarat pedang, kalau tidak di asah terus maka bisa tumpul. Meskipun sudah menjadi penulis sukses tapi kalau tidak belajar dan menulis lama-lama kemampuan menulisnya juga akan tumpul.

Kembali lagi pada konsep gila. Gila di sini bukanlah artian yang sesungguhnya seperti apa yang disampaikan oleh Dr. M. Sobry Suktikno (2012) gila yang dimaksud adalah pengulangan-pengulangan. Lihat kata-kata berikut:

GILA Gi la Gi la Gi la Gi la Gi la Gi la Gi la Gi la Gi la Gi LAGI

Lagi merupakan harapan akhir dari sebuah dari  proses kegilaan seseorang. Lagi menunjukkan adalanya pengulangan secara terus menerus. Manusia dalam melakukan sebuah usaha, tidak serte merta langsun sukses, terkadang ada hambatan-hambatan atau kegagalan-kegagalan. Namun janganlah kegagalan tersebut membuat anda anda patah semangat, mengelu dan putus asa.

Jika kita kaitkan dengan menulis, maka untuk menjadi penulis sukses harus di mulai dari penulis pemula. Tidak ada penulis sukses yang tidak melalui tahap ini. Awalnya semua orang tidak bisa menulis, tapi karena belajar dan latihan yang intensif akhirnya membawa mereka pada kesuksesan. Saya sangat punya keyakinan akan hal itu, coba kita renungkan istilah Man Jadda wajada yang artinya barang siapa bersungguh-sungguh pasti dapat.

Sekarang coba kita tanyakan pertanyaan berikut pada diri kita sendiri

Sudahkah kita bersungguh-sungguh dalam menulis?

Berapa banyak ide-ide kita yang sudah dituangkan dalam bentuk tulisan?

Berapa kali anda gagal dan mencoba untuk bangkit lagi?

Berapa banyak buku yang sudah kita baca?

Seberapa keras kita mencari solusi atas permasalah yang kita alami?

Jawablah pertanyaan di atas dengan jujur, saya yakin anda akan sadar bahwa saat ini kita belumlah apa-apa. Masih banyak hal yang harus kita kembangkan terus, bahkan itu tidak akan ada habisnya. Untuk menjadi sukses menjadi penulis, maka kita harus meningkatkan kerja keras kita, meningkan semangat juang kita, dan terus menerus mengasah kemampuan.

Ingin Sukses Jadi Penulis?

Jangan ragu-ragu, terapkan cara Gila !!!

Jangan pernah berhenti sebelum berhasil

Jika gagal ulangi kembali namun harus di sertai perbaikan

Jika sudah berhasil, pertahankan dan upayakan untuk semakin tekun, semangat dan giat dalam menggapai sukses yang lebih besar

Lagi……………lagi…………….lagi…………

Lakukan sekarang…… jangan menunggu esok (Dr. M. Sobry Suktikno, 2012)

Satu lagi tambahan dari saya teruslah berdoa kepada Tuhan karena hanya kepadanyalah kita memohon kekuatan supaya tetap kuat dan semangat untuk menggapai impian.

 

 

 

 

 

About the author

Rona Binham

Adalah trainer, penulis dan blogger pendiri cafe motivasi dan ronapresentasi.com yang sering memberikan motivasi dan inspirasi di berbagai kesempatan dengan spesialisasi di bidang motivasi, pengembangan diri, presentasi powerpoint dan public speaking,

Permanent link to this article: http://cafemotivasi.com/ingin-jadi-penulis-sukses-anda-harus-gila/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *