«

»

May 11

Print this Post

Disiplin Diri

Disiplin secara diidentikkan dengan ketepatan waktu. Orang yang disiplin adalah orang yang selalu konsisten dengan waktu, sedikitpun ia tidak mau berkompromi dengan waktu, karena mereka yakin bahwa waktu adalah uang. Disiplin penting diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan manusia, seperti disiplin dalam belajar, disiplin dalam sholat, disiplin dalam bekerja dan lain sebagainya. Supaya seseorang memiliki disiplin yang baik di berbagai bidang tersebut maka dia harus memiliki disiplin diri yang kuat. Ini adalah kunci pertama untuk meningkatkan kesiplinan di berbagai bidang kehidupan.

Disiplin diri terdiri dari dua istilah yaitu disiplin dan diri. Disiplin berasal dari bahasa inggris discipline yang artinya yang berarti murid, pengikut, penganut, atau seseorang yang menerima pengajaran dan menyebarkan ajaran tersebut. Disiplin yang berasal dari kata discipline dapat berarti peraturan yang harus diikuti, bidang ilmu yang dipelajari, ajaran hukuman atau etika-norma-tata cata bertingkah laku (Sindu Mulianto, dkk, 2006). Sedangkan kata diri berarti orang, seseorang atau badan. Jadi disiplin diri adalah suatu peraturan, norma dan tata cara bertingkah laku yang di buat sendiri oleh seseorang untuk di patuhi.

Cara meningkatkan disiplin diri

Punya komitmen

Dalam  hal apapun komitmen diperlukan, karena komitmen adalah wujud konsistensi seseorang dalam menjalankan suatu kegiatan. Komitmen sendiri adalah panggilan jiwa di mana kita sudah siap dan bersedia atas apa yang telah kita pilih.

Jujur dengan diri sendiri

Mungkin kita bisa membohongi orang lain, tapi kita tidak mungkin bohong dengan diri sendiri. Berusahalah jujur dengan diri kita. Disiplin diri ini adalah kejujuran dimana diri kitalah yang mengevaluasi sampai dimana disiplin diri ini sudah kita jalankan. Kalau memang kita belum melakukannya secara maksimal maka jujur saja bahwa kita belum maksimal dan harus terus meningkatkan disiplin diri tersebut setiap saat.

Menetapkan target

Seseorang harus punya target sebagai tolak ukur keberhasilan. Tanpa target maka sulit bagi kita untuk mengukur sudah sampai di mana disiplin diri ini kita bina. Usahan buat target secara jelas, supaya kita bisa mengupayakan sesuatu secara maksimal, guna memenuhi target yang diinginkan. Target yang kita tentukan juga harus proporsional, kalau kita pemula maka target yang ditentukan jangan terlalu muluk, buatlah target yang proporsional, tapi bukan berarti kita berkompromi dengan diri kita sendiri.

Punya skala prioritas

Setiap kegitan pasti ada yang harus didahulukan, tidak mungkin semua bisa berjalan secara bersama-sama. Dari itu tentukanlah sebuah skala prioritas, kalau perlu catat hal ini dalam buku atau agenda harian anda, supaya anda bisa lebih fokus untuk mengerjakan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

Demikianlah beberapa hal yang bisa kita jadikan pelajaran tentang disiplin diri. Semoga artikel sederhana ini bisa bermanfaat buat anda semua.

Training-Presentasi-Jakarta Belajar-Desain-Slide-Powerpoint

About the author

Rona Binham

Adalah trainer, penulis dan blogger pendiri cafe motivasi dan ronapresentasi.com yang sering memberikan motivasi dan inspirasi di berbagai kesempatan dengan spesialisasi di bidang motivasi, pengembangan diri, presentasi powerpoint dan public speaking,

Permanent link to this article: http://cafemotivasi.com/disiplin-diri/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *