»

Apr 07

Print this Post

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Meningkatkan motivasi belajar siswa adalah salah satu kegiatan integral yang wajib ada dalam kegiatan pembelajaran. Selain memberikan dan mentransfer ilmu pengetahuan  guru juga bertugas untuk meningkatkan motivasi anak dalam belajar. Tidak bisa kita pungkiri bahwa motivasi belajar siswa satu dengan yang lain sangat berbeda, untuk itulah penting bagi guru selalu senantiasa memberikan motivasi kepada siswa supaya siswa senantiasa memiliki semangat belajar dan mampu menjadi siswa yang beprestasi serta  dapat mengembangkan diri secara optimal.

Motivasi adalah motif atau dorongan yang dimiliki oleh seseorang  dalam melakukan tindakan. Hal ini menegaskan bahwa motivasi adalah satu faktor penting untuk keberhasilan seseorang dalam melakukan suatu tindakan, termasuk dalam belajar di sekolah. Dalam belajar tingkat ketekunan siswa atau mahasiswa sangat di tentukan oleh motif dan motivasi belajar yang di timbulkan dari motif tersebut. Dengan kata lain Motivasi belajar ini mutlak di miliki oleh seorang siswa demi keberhasilan-Nya dalam belajar. Motivasi ada dua macam yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik adalah motivasi yang muncul dari dalam diri, sedangkan motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang muncul dari dalam diri.  Pada dasarnya dari kedua jenis motivasi ini motivasi ini dua-duanya memegang peranan penting, karena keduanya saling terkait satu sama lain.

Cara meningkatkan motivasi belajar siswa:

  • Mengajar dengan menggunakan pembelajaran yang komunikatif dan kreatif, dalam hal ini kemampuan guru ketika menggunakan media pembelajaran sangat penting. Proses pembelajaran tidak boleh monoton tapi harus kreatif. Dalam hal ini tentunya guru haru selalu senantiasa melakukan pengembangan diri, dengan berbagai hal seperti seminar, maupun pelatihan-pelatihan
  • Memberikan reward atau hadiah, sebuah perilaku yang di munculkan siswa atas hasil yang diperolah perlu mendapatkan respon dari seorang pengajar. Respon ini biaanya dalam bentuk reward atau hadiah kepada siswa yang menunjukkan perubahan perilaku dalam belajar. Reward ini jangan sampai yang berlebihan, karena kalau berlebihan bisa menimbulkan kecemburuan sosial diantara para siswa.
  • Memberikan Hukuman, selain memberikan hadiah kepada siswa, ada kalanya seorang guru juga perlu memberikan hukuman. Namun di sini guru harus hati-hati, usahakan hukuman yang di berikan adalah hukuman yang mendidik, karena kalau tidak bisa-bisa motivasi belajar siswa malah menurun. Hal semacam ini banyak sekali terjadi di lapangan, yang mana seorang guru memberikan hukuman dengan berlebihan, akibatnya siswa semakin benci dengan guru dan motivasi belajar-Nya menurun drastis
  • Memberikan nilai secara objektif, sering kali kita mungkin menemuai beberapa siswa yang komplin kepada guru karena ternyata nilai yang diperoleh tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan padahalal mereka sangat yakin selama ini sudah melakukan yang terbaik dan berusaha melakukan belajar secara benar. Jika hal ini terjadi biasanya minat dan motivasi belajar siswa bisa menurun yang akhirnya berdampak pada prestasi belajar-Nya
  • Memberikan kesempatan siswa untuk memperbaiki kesalahan. Banyak kita melihat di lapangan kadang ada beberapa oknum guru yang yang memberikan stigma buruk pada salah seorang siswa hanya gara-gara siswa tersebut melakukan kesalahan yang entah di sengaja atau tidak menyinggung perasaan serorang guru. Hal ini sebisa mungkin harus di hindari karena jika tidak siswa akan mengalamai patah semangat dalam belajar.
  • Membantu permasalahan siswa. Setiap siswa pasti akan senang jika ada guru yang dengan tangan terbuka mau membantu mereka keluar dari permasalahan  yang mereka hadapi. KIta sebagai guru sadar bahwa siswa pasti memiliki berbagai macam permasalahan, baik itu masalah pribadi, sosial, karier maupun belajar. Jadi kapanpun siswa membutuhkan kita, sebagai seorang guru kita harus siap untuk mereka.
  • Keteladanan. Keteladanan ini bisa di bilang sangat efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. kebanyakan dari siswa tentu lebih menyukai seorang guru yang terbukti memiliki motivasi di bandingkan dengan guru yang bisanya hanya bercerita tapi belum terbukti hasilnya. Dari itulah perjalan hidup seorang guru bisa menjadi senjata ampuh dalam meningkatkan motivasi belajar para siswa

Beberapa hal di atas adalah beberapa dari sekian banyak cara yang bisa di lakukan untuk memotivasi semangat belajar siswa. Untuk melengkapi ulasan di atas anda bisa menambahkan sendiri cara-cara lain untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, sesuai dengan cara dan karakter anda sendiri.

About the author

Rona Binham

Adalah trainer, penulis dan blogger pendiri cafe motivasi dan ronapresentasi.com yang sering memberikan motivasi dan inspirasi di berbagai kesempatan dengan spesialisasi di bidang motivasi, pengembangan diri, presentasi powerpoint dan public speaking,

Permanent link to this article: http://cafemotivasi.com/cara-meningkatkan-motivasi-belajar-siswa/

2 comments

3 pings

  1. Dytha PrayudiezZly

    Educating our children is not just about imposing a body of knowledge on them. Rather, it involves preparing children from the early years for the world in which they will come of age. It means instilling a love for lifelong learning, creativity, self-expression and an appreciation for diversity.

    Mendidik anak-anak kita bukan berarti mengajarkan kepada mereka sekumpulan ilmu pengetahuan semata.

    Lebih penting lagi, mendidik berarti mengajarkan kepada anak-anak kita sejak usia dini, kemampuan untuk siap dan mampu menghadapi tantangan dunia masa depan yang akan menjadi ajang hidup mereka nantinya.

    Dan ini berarti menanamkan keingintahuan dan rasa cinta belajar seumur hidup, kreativitas, keberanian mengemukakan pendapat dan berekspresi, serta penghargaan akan segala bentuk perbedaan (antar manusia).

  2. Rona El-sinta

    Betul sekali, terimakasih atas apresiasinya

  3. Victor Lord

    ?

  4. SITINURASIAH

    ARTIKEL YANG BAGUS,,

    1. Rona Binham

      Terimakasih, semoga bermanfaat, hanya saja materi itu insya Allah akan saya update kembali.Kerana ada beberapa hal yang ingin saya tambahkan dan sedikit ada yang saya rubah. Insya Allah jika sudah selesai akan saya update di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *