«

»

May 19

Print this Post

Cara Bersyukur Kepada Tuhan

Bersyukur satu kata yang sangat familiar dan sering kali kita dengar. namun terkadang kita belum bisa mengaplikasikan syukur itu secara benar dalam kehidupan sehari-hari.  Untuk itu melalui tulisan ini kita akan belajar bagaimana seharusnya kita bersyukur

Makna Syukur

Dalam pengertian secara bahasa, syukur artinya adalah sesuatu yang menunjukkan kebaikan dan penyebarannya. Sedangkan secara secara syar’I pengertian syukur adalah memberikan pujian kepada yang memebri kenikmatan dengan sesuatu yang telah di berikaan kepada kita, berupa perbuatan ma’ruf, dalam pengertian tunduk dan berserah diri pada-Nya (Royyad Al-Haqil, 1992).

Pentingnya dan Kedudukan bersyukur

Bersyukur adalah hal yang sangat penting sebagai wujud terima kasih atas apa yang sudah Tuhan berikan kepada kita. Bukan itu saja syukur juga merupakan bagian dari ibadah kepada Tuhan. Allah SWT telah berfirman: Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku yang sangat berat (QS. Surat Ibrahim, 14: 7). Dalam ayat lain Allah juga berfirman: Maka, ingatlah keada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku (QS. Al-Baqorah, 2: 152).

Tingkatan Maqam Syukur

Menurut Ali Umar (2006) syukur itu memiliki tingkaan tergantung pada derajat hamba dalam pengahambaan diri kepada Allah SWT.

Pertama, syukur hanya untuk Allah SWT dan hanya karena Allah, bukan dengan memperhatikan sesuatu yang lain. Ini adalah syukurnya kaum khawash al khawash (orang-orang yang sangat khusus dari kelompok yang khusus). Ia adalah peling murni dan agung tingkatan syukur.

Kedua, syukur di lakukan atas bencana dan cobaan yang di timpahkan kepada seorang hamba. Ia bersyukur atasnya sebagai ia bersyukur atas nikmat yang di anugrahkan kepadanya. Ini adalah syukurnya kaum khawash. Ia juga sebuah tingkat yang tinggi

Ketiga, syukur atas nikmat yang di berikan kepada seorang hamba. Ini syukurnya kaum awam.

Cara Bersyukur/Mengundang Rasa Syukur

Setelah kita memahami makna dan pentingnya bersyukur, selanjutnya kita harus tahu bagaimana cara bersyukur. Mungkin dari kecil sampai  sekarang kita masih sering di ingatkan oleh para guru-guru kita dan para ulama supaya selalu senantiasa meningkatkan rasa sykur. Tapi yang jadi pertanyaan, sudahkan kita tahu cara yang efektif dalam bersyukur? Kalau belum silahkan baca petunjuk cara mengundang rasa syukur dalam kehidupan kita.

Menurut Rusdin S. Rauf (2008) terdapat tiga cara mengundang rasa syukur dalam keseharian kehidupan kita, yakni: 1) mengenal nikmat Alloh. 2) siap menerima nikmat Allloh. 3) dan menggunkan sesuai dengan kemauan sang maha pemberi. Lebih jelasnya satu persatu akan di jelaskan sebagai berikut:

1.      Mengenal nikmat Alloh

Nikmat adalah hadiah yang di berikan Allah kepada diri kita. Setiap hadiah yang di berikan bisa saja berbeda-beda, dari itulah kita harus mengenal betul dengan nikmat tersebut. Jangan pernah jadi orang yang lupa atau pura-pura lupa atas nikmat yang Tuhan berikan. Nikmat Tuhan itu banyak yang antara lain seperti iman, islam, ikhsan, sehat, pintar, kebersamaan, waktu luang, kedudukan, harta, anak, dan sebagainya. Kemudian bagaimana cara mengenal nikmat Alloh? Pertama mengucapkan rasa syukur dengan membaca Alhamdulillah. Kedua meyakini dalam hati bahwa tuhan tidak akan pernah memeberika hal yang tidak baiak pada diri kita. Ketiga Tampakkanlah nikmat itu dengan cara berbagi atau siarkan dengan yang lain. Tentu saja nikmat atau kebaikan disampaikan pada orang lain jika mengandung maslahat, bukan dalam rangka menyombongkan diri dan pamer atau ingin cari muka (cari pujian, alias “riya’ “).

Dengan mengingat kenikmatan-kenikmatan Allah yang melekat dalam diri kita, kita semakin menyadari bahwa hidup ini perlu disyukuri. Kita menyadari telah diberikannya banyak nikmat yang jika kita mencoba untuk menghitungnya kita tak akan sanggup. Setiap detik dan tarikan nafas kita senantiasa diembuskan dengan rasa syukur.
Dengan begitu, kita akan selalu memasrahkan kebahagiaan hidup. Tak ada lagi keluh kesah. Tak ada lagi raut wajah yang suram. Semua berganti dengan senyum dan semangat menjalani lika-liku kehidupan ini.

2. Siap menerima nikmat Alloh.

Setiap saat, kita semestinya membuka diri menyambut kedatangan karunia Allah. Karunia Allah tidak pernah pilih kasih. Allah tidak menyukai cara tebang pilih terhadap hamba-Nya. Ia akan datang kepada siapapun yang mau siap menerimanya, tak pandang bulu apakah muslim atau non-muslim. Lantas bagaimana caranya? Kita butuh menstabilkan hati dan pikiran kita (zero mind and soul) karena datangnya karunia Allah berawal dari hati dan pikiran kita. Ketika kita berpikir bahwa kita tak akan pernah mendapatkan karunia besar dari-Nya atau kita selalu mengalami kegagalan lalu hati kita pun membenarkannya, terhalanglah diri kita dengan karunia Allah. Bukankah Allah Maha Mendengar bisikan hati dan pikiran kita? Kejernihan hati dan pikiran positif pada hakikatnya memancarkan energi kebaikan ke alam sekitar. Alam sekitar akan merespons Allah pun akan merespons apa keinginan-keinginan yang terpancar dari dalam hati dan pikiran kita dan kita membutuhkan kolaborasi doa, syukur, dan sabar.

3. Menggunakan sesuai dengan kemauan sang maha pemberi

Apa kemauan Allah atas karunia yang Dia berikan?

Beragam..sesuai dengan jenis karunia yang kita dapatkan. Ketika anda mendapatkan kelimpahan harta, bersedekahlah. Beri makanlah anak-anak yatim. Santunilah orang-orang miskin. Pada dasarnya, bersedekah sama dengan mengundang karunia yang lain untuk berbondong-bondong datang pada diri kita sendiri. Semakin banyak kita memberi, semakin banyak kelimpahan rezeki yang kita peroleh. Ketika Allah melimpahkan karunia kesehatan kepada Anda, pergunakan sebaiknya masa-masa sehat anda untuk mencari rezeki, tekun beribadah. Insya Allah, Sang Maha Pemberi melancarkan usaha anda.

 

About the author

Rona Binham

Adalah seorang pendidik, praktisi presentasi, penulis dan blogger pendiri cafe motivasi. Ia mengajar, melatih, menulis dan terus berusaha memberikan motivasi dan inspirasi kepada semua orang. Dengan sebuah motto "Orang hebat adalah orang yang hidupnya penuh inspirasi dan menginspirasi

Permanent link to this article: http://cafemotivasi.com/cara-bersyukur-kepada-tuhan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *