«

»

Jun 25

Print this Post

Berhentilah Menunda-Nunda Pekerjaan

Menunda-nunda pekerjaan adalah satu penyakit mental yang harus mendapat perhatian khusus.  Penyakit ini bisa melanda siapa saja baik itu siswa sekolah, guru, dosen, mahasiswa, pekerja kantoran, petani, pedagang, dan lain-lain. Ada banyak faktor yang mengakibatkan penyakit ini muncul diantaranya semangat menurun, terlalu menyepelekan pekerjaan, stress, tidak ada gairah, pekerjaan terlalu sulit, pergaulan yang kurang mendukung, dan lain-lain.Tentu hal ini tidak bisa dibiarkan, karena kalau dibiarkan akan berdampak buruk pada hasil akhir pekerjaan atau tugas yang dikerjakan.

Perlu kita sadari hidup ini terkadang seperti sebuah kompetensi, maka siapa yang cepat maka ia dapat. Orang yang lebih cepat melangkah, memutuskan dan mengambil tindakan perubahan dan menjalankannnya maka ia punya peluang lebih besar untuk mendapatkan hasil baik atas apa yang diinginkan. Orang yang suka menunda-nunda pekerjaan umumnya berpikir bahwa di lain waktu ia akan bisa mengerjakan tugas itu dengan baik jika mood sedang baik. Ini sungguh  sebuah kesalahan besar, justru dengan menunda-nunda pekerjaan beban pekerjaan akan semakin berat, waktu akan semakin menyempit, dan tingkat kejelian juga akan menurun. Jika sudah seperti itu maka besar kemungkinan kita akan mengalami permasalahan dikemudian hari.

Sebuah contoh sederhana saja, ketiak mahasiswa diberi tugas oleh dosen mengerjakan tugas kuliah, maka sering kali mereka meminta waktu yang agak longgar, alasannya supaya mereka bisa mengerjakan tugas itu dengan lebih baik. Tapi kenyataan yang ada setelah waktu pengumpulan tugas, masih ada juga mahasiswa yang belum bisa mengumpulkan tugas, ada yang mengumpulkan tugas asal-asalan dan berbagai macam alasan yang lain. Ternyata setelah di tanya mereka pun mengakui bahwa tugas itu baru dikerjakan sehari sebelum tugas dikumpulkan.

Di bidang lain pun juga sama, banyak orang-orang yang sengaja menunda-nunda pekerjaan mereka. Sungguh hal ini kalau dibiarkan bisa menjadi sebuah karakter yang mengakar dalam diri seseorang. Jika seseorang sudah mempunyai karakter menunda-nunda pekerjaan, maka dengan sendirinya kinerja dan kepercayaan orang lain akan menurun. Maka dari itu mulai dari sekarang mulailah untuk menjalankan tugas dan pekerjaan secepat mungkin. Kalau hari ini bisa kenapa harus nunggu esok. Justru jika hari ini tugas kita sudah selesai, besok kita bisa menjalankan tugas yang lain dengan lebih ringan.

 Bagaimana Menghentikan Kebiasaan Ini? Untuk menghentikan kebiasaan ini memang tidak mudah. Kenapa saya mengatakan demikian, karena dibutuhkan sebuah semangat dan komitmen yang tinggi dari kita. Jadi untuk bisa berhenti dari menunda-nunda pekerjaan kita harus mampu meningkatkan dulu semangat dan komitmen. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan semangat dan komitmen. Antara lain kecintaan terhadap tugas, pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan, punya visi yang jelas dalam hidup, bergaul dengan teman-teman yang bersemangat, selalu bertindak.

 

 

About the author

Rona Binham

Adalah seorang pendidik, praktisi presentasi, penulis dan blogger pendiri cafe motivasi. Ia mengajar, melatih, menulis dan terus berusaha memberikan motivasi dan inspirasi kepada semua orang. Dengan sebuah motto "Orang hebat adalah orang yang hidupnya penuh inspirasi dan menginspirasi

Permanent link to this article: http://cafemotivasi.com/berhentilah-menunda-nunda-pekerjaan/

1 comment

  1. affanibnu

    selagi masih bisa dikerjakan kenapa tidak.. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *