«

»

Sep 16

Print this Post

Bagaimana Mendapatkan Inspirasi Setiap hari

Anda pasti senang jika setiap hari selalu terinspirasi untuk menjadi lebih baik. Namun mendapatkan sebuah inspirasi setiap hari itu tidak mudah. Hari ini kita bisa saja punya inspirasi, tapi di hari lain, kita bisa saja tidak mendapatkan inspirasi yang sama. Inilah yang coba saya bangun dalam kehidupan saya. Jadi saya berusaha melakukan suatu hal yang bisa membuat saya memiliki inspirasi setiap hari.

Beberapa hal yang sudah saya lakukan, akan saya bagi buat Anda semua. Dan hal ini sudah saya terapkan dalam kehidupan saya sehari-hari, Alhamdulillah hampir setiap hari saya selalu menemukan inspirasi positif untuk menjalani hidup yang lebih baik. Apa saja yang saya lakukan? ini dia,,,,

1.       Membaca

Gunawan Moehammad seorang sastrawan terkemuka di Indonesia mengatakan “Kemampuan membaca itu sebuah rahmat. Kegemaran membaca, sebuah kebahagiaan.”

Saya sangat setuju dengan apa yang disampaikan oleh Gunawan Muhammad tersebut. Bagi sebagian orang membaca mungkin sesuatu yang biasa saja. Tapi bagi saya itu menjadi salah satu bagian dari gaya hidup yang saya pilih. Membaca adalah rahmat yang telah membuka pikiran saya tentang kehidupan. Dengan membaca saya bisa mempelajari segala hal yang dapat saya gunakan sebagai sarana reflesi diri dan pengembangan diri .

Jadi banyaklah membaca,  karena membaca adalah bahan inspirasi untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik.

2. Mengajar/berbagi ilmu dengan orang lain

Saya adalah seorang pendidik, mengajar adalah salah satu aktivitas yang membuat saya belajar bahwa menjadi pendidik itu bukan hanya menyampaikan materi semata tapi ada visi lain yang lebih indah dan lebih mulia dari sekedar mentransfer ilmu pengetahuan.

Ada satu kalimat inspirasi yang melekat di dalam kepala saya, bunyinya begini “Guru yang biasa-biasa saja memberi tahu. Guru yang baik menjelaskan. Guru yang bagus menunjukkan bagaimana caranya. Tetapi guru yang luar biasa menginspirasi murid-muridnya” (W illiam A. Ward )

Mengajar selain memberikan ilmu juga harus memberikan inspirasi. Hal itu jugalah yang akhirnya menginspirasi diri saya untuk terus kreatif, terus belajar dan mengembangkan potensi saya semaksimal mungkin.

Saya bukan seorang pendidikan, bagaimana mana saya mengajar?

Anis baswedan mengatakan “mendidik adalah tugas tiap orang-orang terdidik. Jadi siapapun yang merasa orang terdidik bisa mengajar bisa mendidik bisa memotivasi dan menginspirasi orang lain.

3. Menulis

Menulis adalah mengikat makna, itulah satu kalimat yang membuat saya sadar bahwa diri saya adalah orang yang penuh keterbatasan. Artinya sebanyak apapun buku yang saya baca, pengetahuan yang saya miliki, ketrampilan yang saya kuasai, kalau itu tidak saya ikat, maka dalam beberapa kurun waktu saya bisa lupa. Supaya tidak lupa saya harus mengikatnya. Caranya dengan menuliskan kembali apa yang saya ketahui, kemudian saya bagikan lagi kepada orang lain.

Saya adalah penulis bebas, yaitu penulis yang bebas mempublikasikan tulisannya di mana saja, begitulah saya menyebut diri saya. Melalui tulisan, saya juga merasa selalu mendapat inspirasi yang positif setiap harinya. Bagaimana tidak, setiap hari saya menulis. Jadi bisa saya prediksikan, setiap hari saya akan mendapatkan inspirasi untuk menjadi lebih baik lagi sekarang dan di masa yang akan datang.

4. Mencintai keluarga

Keluarga adalah salah satu inspirator terbesar dalam hidup saya untuk bisa menjadi manusia yang lebih sukses. Saya sangat mencintai keluarga saya. Ketika saya tidak semangat, mereka bisa menjadi bahan bakar yang membakar semangat saya supaya terus menggelora.

Ayah dan ibu, adalah inspirator dan motivator yang senantiasa mengingatkan saya, bahwa tanpa mereka saya bukanlah apa-apa. Dari itulah saya begitu mencintai mereka dan karena mereka saya menjadi rajin dalam segala hal. Di samping orang tua ada satu lagi tokoh sentral yang berperan dalam hidup saya yaitu mantan pacar saya, yang alhamdulillah, sekarang sudah menjadi pendamping hidup saya. Dia adalah wanita yang begitu sabar, sangat perhatian dan sangat sayang dengan suaminya. Rasanya sungguh keterlaluan jika saya tidak memberikan yang terbaik buat istri saya. Karena itulah saya senantiasa berdoa dan berusaha untuk menjadi suami terbaik baginya dan menjadi ayah untuk anak-anak yang dilahirkannya.

Intinya kecintaan saya dengan keluarga telah membuat tindakan saya menjadi lebih bermakna setiap hari.

5. Berdoa

Doa adalah pintu gerbang kesuksesan dan kebahagiaan. Tidak ada orang yang tidak butuh doa, semua butuh. Hidupku berubah tidak lepas dari doa, hidupku bahagia tidak lepas dari doa, bisa bertahan dari kondisi yang sulit dengan doa, hampir semua hal dalam hidup, bisa saya capai dengan terus berdoa.

Apakah menurut Anda ada orang sukses tanpa doa? Tidak ada, Itulah jawaban yang paling tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut. Jadi doa adalah sebuah pengharapan yang selalu memberikan inspirasi kepada kita bahwa semua doa yang dipanjatkan dan diyakini dengan sungguh-sungguh akan dikabulkan

6. Bergaul dengan cerdas

Kalau Anda ingin terinspirasi setiap hari, maka pilih pergaulan yang tepat. Ini juga yang saya lakukan setiap hari. Jujur, saya ini lebih suka duduk di depan komputer dari pada harus main tidak  jelas. Karena menurut saya main tidak jelas, hanya akan membawa virus-virus kemalasan dalam diri saya.

Masak orang tidak boleh refreshing?

Saya tidak pernah melarang diri saya untuk refreshing, bahkan saya menganjurkan diri saya untuk refreshing di kala pikiran lagi jenuh atau lagi butuh refresh. Tapi saya berusaha melarang diri saya untuk pergi ke suatu tempat, atau berkumpul dengan orang yang dalam hidupnya hanya untuk mencari kesenangan dan kenikmatan sesaat saja.

Demikianlah enam hal untuk mendapatkan inspirasi setiap hari yang sudah saya terapkan dalam hidup saya.

Apakah Anda punya cara lain, silahkan bagi di kementar

Training-Presentasi-Jakarta Belajar-Desain-Slide-Powerpoint

About the author

Rona Binham

Adalah trainer, penulis dan blogger pendiri cafe motivasi dan ronapresentasi.com yang sering memberikan motivasi dan inspirasi di berbagai kesempatan dengan spesialisasi di bidang motivasi, pengembangan diri, presentasi powerpoint dan public speaking,

Permanent link to this article: http://cafemotivasi.com/bagaimana-mendapatkan-inspirasi-setiap-hari/

2 comments

5 pings

  1. Suprapto

    minta izin untuk share.

  2. Rona El-sinta

    ya mas,,,saya malah senang jika artikel ini makin banyak yg baca

  3. Sarlan Aan

    Thanks artikelnya mas….semoga dapat memompa saya menjadi yang mas harapakn.tq.

  4. Haji A Syukur

    Pie pak de sarlan kabare iki ora tahu mampir gubug ku ƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐ

  5. Rona El-sinta

    Sama-sama pak, semoga bermanfaat

  6. sumiyati

    trimakasiiihh,hanya itu yg bisa saya ucap!

    1. Rona Binham

      Semoga bermanfaat mbak Sumiyati…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *